PENGARUH ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH MENJADI KEBUN KELAPA SAWIT TERHADAP CADANGAN KARBON TANAH DI KECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

Ugo, Prayogo (2024) PENGARUH ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH MENJADI KEBUN KELAPA SAWIT TERHADAP CADANGAN KARBON TANAH DI KECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 UGO PRAYOGO.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (BAB Akhir (Kesimpulan dan Saran))
BAB AKHIR UGO PRAYOGO.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA UGO PRAYOGO.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Alih fungsi lahan terjadi karena adanya faktor pendukung baik internal maupun eksternal. Cadangan karbon masing-masing penggunaan lahan berbeda, sehingga jika terjadi alih fungsi lahan akan berakibat perubahan cadangan karbon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alih fungsi lahan sawah menjadi kebun kelapa sawit terhadap cadangan karbon tanah serta bagaimana perbandingan jumlah cadangan karbon antara kebun kelapa sawit setelah dialih fungsikan dengan lahan sawah. Penelitian ini dilakukan pada lahan sawah dan lahan bekas alih fungsi lahan sawah menjadi kelapa sawit dengan umur tegakan yang sama yaitu 7 Tahun. Metode penelitian dilakukan berdasarkan metode survey tanah dengan penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan penggunaan lahan dari sawah menjadi perkebunan kelapa sawit berpotensi meningkatkan cadangan karbon. Cadangan karbon pada lahan sawit meningkat dikarenakan perbedaan cadangan karbon dimasing-masing lahan dipengaruhi oleh jumlah dan kerapatan tanaman, faktor lingkungan yang meliputi penyinaran matahari, kadar air, suhu, dan kesuburan tanah yang mempengaruhi fotosintesis. Berdasarkan hasil yang didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa alih fungsi lahan sawah menjadi kebun kelapa sawit akan meningkatkan cadangan karbon tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. rer. nat. Ir. Syafrimen Yasin, MS., MSc
Uncontrolled Keywords: Survey, Kesuburan, Korelasi, Lingkungan, Iklim
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 02 Mar 2024 04:26
Last Modified: 02 Mar 2024 04:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465202

Actions (login required)

View Item View Item