Analisis Penyuluhan dan Pendampingan Petani Kopi Arabika Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci Oleh PT. Alko Sumatra Internasional

Syamsul, Falah (2024) Analisis Penyuluhan dan Pendampingan Petani Kopi Arabika Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci Oleh PT. Alko Sumatra Internasional. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan Mendiskripsikan bentuk pola hubungan kemitraan yang dilakukan PT. Alko Sumatra Internasional dengan petani kopi arabika Kecamatan Gunung Tujuh, (2) Mengukur tingkat kepuasan petani kopi arabika Kecamatan Gunung Tujuh terhadap hubungan kemitraan dalam kegiatan penyuluhan dan pendampingan yang dilakukan oleh PT. Alko Sumatra Internasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis survei (survey). Responden yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu pihak perusahaan PT Alko Sumatra Internasional dan petani kopi arabika dengan Jumlah sampel penelitian adalah 20 orang petani kopi arabika, Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dan wawancara mendalam dengan pihak perusahaan PT. Alko Sumatra Internasional dan petani kopi arabika yang bergabung dengan PT. Alko Sumatra Internasional. Hasil penelitian terhadap bentuk pola kemitraan yang dilakukan antara pihak petani kopi arabika dan perusahaan adalah Pola Kemitraan Kerja Sama Operisional Agribisnis (KOA), hal ini dikarnakan adanya bisnis yang dijalankan oleh petani kopi arabika dengan perusahaan, petani kopi arabika menyediakan lahan, sarana, dan tenaga kerja, sedangkan pihak perusahaan PT. Alko Sumatra Internasional menyediakan alat produksi, transportasi dan pendampingan untuk mengusahakan komoditas kopi arabika. Sedangkan hasil penelitian tingkat kepuasan dalam kegiatan penyuluhan dan pendampingan petani kopi arabika di Kecamatan Gunung Tujuh oleh PT. Alko Sumatra Internasional yaitu dapat disimpulkan Tingkat kepuasan dalam penelitian ini diperoleh rekapitulasi rata- rata skor tingkat kepuasan petani kopi arabika yaitu 4,3 dengan persentase 86% yang menunjukkan bahwa petani kopi arabika sudah merasa sangat puas terhadap pola kemitraan yang terjalin dengan perusahaan PT. Alko Sumatra Internasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sri Wahyuni, SPt. Msi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 01 Mar 2024 09:13
Last Modified: 01 Mar 2024 09:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465190

Actions (login required)

View Item View Item