BIODEGRADASI LIGNIN DAN FORTIFIKASI MOL PADA PELEPAH SAWIT UNTUK PENGEMBANGAN PAKAN SUPLEMEN RUMEN PADA TERNAK RUMINANSIA

RUSMANA, WIJAYA SETIA NINGRAT (2024) BIODEGRADASI LIGNIN DAN FORTIFIKASI MOL PADA PELEPAH SAWIT UNTUK PENGEMBANGAN PAKAN SUPLEMEN RUMEN PADA TERNAK RUMINANSIA. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER ABSTRAK)
COVER ABSTRAK (2).pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (Bab V Pembahasan)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKAa.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Laporan Full)
LAPORAN PENELITIAN_RUSMANA NINGRAT-2024 NEW.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy

Abstract

Program Swasembada daging hingga saat ini belum tercapai karena laju pertumbuhan ternak ruminansia (sapi, kambing, domba) yang dipelihara oleh peternak masih rendah, disebabkan oleh keterbatasan ketersediaan pakan dan rendahnya mutu ransum. Salah satu strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui manipulasi fermentasi rumen dengan pengembangan pakan suplemen dan bahan baku pakan berbasis sumber daya lokal, seperti pelepah sawit yang telah mengalami proses fermentasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan pakan suplemen yang dapat digunakan untuk penggemukan sapi potong dan domba, dengan penambahan tanin ampas gambir serta pemanfaatan bahan baku pakan berupa pelepah sawit yang telah mengalami fermentasi, yang kemudian diperkaya dengan fortifikasi MOL PS. Harapannya, hasil penelitian ini dapat menghasilkan produk industri berupa pakan suplemen untuk penggemukan ternak sapi potong dan domba, yang memungkinkan untuk dipatenkan. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari lima tahap, yang dimulai dengan penentuan level penambahan ampas gambir, pola fermentasi pelepah sawit, fortifikasi MOL PS, penggunaan pelepah sawit fermentasi dalam pembuatan suplemen, dan pengujian invivo terhadap kinerja ternak sapi potong/domba dengan pemberian suplemen dan pelepah sawit fermentasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. James Hellyward, MS., IPU., ASEAN Eng
Uncontrolled Keywords: pakan suplemen, sapi potong/domba, Ampas gambir, pelepah sawit fermentasi, MOL
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Profesi Insinyur
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:30
Last Modified: 04 Mar 2024 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465169

Actions (login required)

View Item View Item