Analisis Pengaruh Industri Pariwisata Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016-2021 (Studi Kasus : Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat)

Citra, Valerina (2024) Analisis Pengaruh Industri Pariwisata Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016-2021 (Studi Kasus : Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh industri pariwisata terhadap penyerapan tenaga kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel yang berguna untuk melihat hubungan per wilayah penelitian dalam periode rentang waktu tertentu. Data yang digunakan berupa data time series dan cross section pada periode tahun 2016 hingga 2021 yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS), dan Dinsa Pariwisata. Variabel yang digunakan adalah jumlah tenaga kerja yang berkaitan dengan pariwisata, jumlah objek wisata, jumlah wisatawan nusantara, jumlah restoran dan jumlah akomodasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah objek wisata dan jumlah restoran berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. pada variabel wisatawan nusantara dan jumlah akomodasi terdapat hubungan positif namun tidak signifikan tehadap penyerapan tenaga kerja di Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yulia Anas, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: penyerapan tenaga kerja, objek wisata, wisatawan nusantara, akomodasi, restoran, regresi data panel.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S1 Ekonomi
Date Deposited: 01 Mar 2024 09:21
Last Modified: 01 Mar 2024 09:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465164

Actions (login required)

View Item View Item