INVENTARISASI DAN TINGKAT SERANGAN PENYAKIT PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) YANG BELUM MENGHASILKAN (TBM) DI KECAMATAN PADANG LAWEH DAN TIUMANG KABUPATEN DHARMASRAYA

Rizki, Nurwanda (2024) INVENTARISASI DAN TINGKAT SERANGAN PENYAKIT PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) YANG BELUM MENGHASILKAN (TBM) DI KECAMATAN PADANG LAWEH DAN TIUMANG KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi indonesia. Dalam upaya meningkatkan produksi kelapa sawit serangan penyakit merupakan salah satu faktor penentu, jika tanaman kelapa sawit diserang penyakit akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan tanaman dan menyebabkan kematian pada tanaman apabila tidak dikendalikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data penyakit-penyakit yang menyerang tanaman kelapa sawit dan tingkat serangan tanaman kelapa sawit yang belum menghasilkan di Kecamatan Padang Laweh dan Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini dilakukan dengan cara survei, menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria lokasi yang dijadikan lahan penelitian yaitu tanaman belum menghasilkan (TBM). setiap lahan diambil 24 titik sampel, pengambilan sampel dilakukan secara acak (random) pada tanaman yang menunjukkan gejala terserang penyakit. Hasil penelitian yang diperoleh pada dua kecamatan, didapatkan 2 jenis penyakit yang menyerang pada pertanaman kelapa sawit fase TBM yaitu penyakit bercak daun ditemukan pada dua kecamatan dengan patogen penyebab penyakit adalah Curvularia sp. dan penyakit garis kuning dengan patogen penyebab penyakit adalah Fusarium oxysporum yang hanya ditemukan di Kecamatan Tiumang. Persentase serangan tertinggi Curvularia sp. 94,79% di lahan yang berada di Kecamatan Tiumang dan terendah 48,96% di lahan yang berada di Kecamatan Padang Laweh. Sedangkan intensitas serangan tertinggi 52,86% yang berada di Kecamatan Tiumang dan terendah 30,5% yang berada di Kecamatan Padang Laweh. Persentase serangan garis kuning 21,88% dengan intensitas serangan 14,06%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ujang Khairul, MP.
Uncontrolled Keywords: Kelapa Sawit, Patogen, Penyakit Utama, Bercak Daun, Garis Kuning.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:47
Last Modified: 01 Mar 2024 08:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465148

Actions (login required)

View Item View Item