Implementasi Object Detection dan Qr Code pada Sistem Pengendalian Inventaris Portabel di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas

Muhammad, Syafiq Asyraf (2024) Implementasi Object Detection dan Qr Code pada Sistem Pengendalian Inventaris Portabel di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover Abstrak)
Cover dan Abstrak - Muhammad Syafiq Asyraf.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I - Muhammad Syafiq Asyraf.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V - Muhammad Syafiq Asyraf.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka - Muhammad Syafiq Asyraf.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Tugas akhir Fulltext)
Tugas Akhir Full - Muhammad Syafiq Asyraf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Sistem pengendalian inventaris sangat dibutuhkan dalam mengelola inventaris agar tetap berfungsi dengan baik dan dapat terus digunakan untuk mendukung kegiatan operasional sebuah institusi ataupun organisasi. Sistem pengendalian inventaris yang tidak efektif dapat menyebabkan jalannya operasional dari sebuah institusi atau organisasi terganggu. Saat ini masih banyak yang melakukan pengendalian inventaris secara manual yang memakan waktu dan tenaga. Dengan memanfaatkan teknologi Object Detection dan QR Code maka dibuatlah sebuah sistem pengendali inventaris portabel yang dapat mengatasi permasalahan pengendalian inventaris secara manual. Sistem ini akan dapat mengenali berbagai jenis inventaris yang berada di dalam suatu ruangan secara sekaligus sehingga dapat menghemat waktu. Untuk dapat mengenali berbagai inventaris tersebut diimplementasikan dua metode pengolahan citra yaitu YOLO (You Only Look Once) dan SSD (Single Shot Detector). Dari kedua model ini, dilakukan perbandingan dan didapatkan bahwa model YOLO memiliki performa yang lebih baik daripada SSD dengan nilai mAP@0.5 sebesar 79.2% dan mAP@0.5:0.95 sebesar 59.7%. Selain itu, dengan menggunakan teknologi QR Code, informasi dari masing-masing inventaris dapat disimpan ke dalam QR Code. Dengan adanya QR Code tersebut, informasi detail mengenai inventaris tersebut dapat dengan mudah diakses. Kedua teknologi ini diimplementasikan di dalam sebuah aplikasi sehingga dapat dengan mudah digunakan oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DESTA YOLANDA, M.T. RIZKA HADELINA, M.T.
Uncontrolled Keywords: Inventaris, Object Detection, QR Code, YOLO, SSD
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Komputer
Depositing User: s1 Teknik Komputer
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:55
Last Modified: 06 Mar 2024 03:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465112

Actions (login required)

View Item View Item