IDENTIFIKASI POTENSI LAHAN RAWAN LONGSOR UNTUK MENDUKUNG LAHAN PERTANIAN BERKELANJUTAN DI KECAMATAN RAMBATAN KABUPATEN TANAH DATAR

Fitri, wulandari (2024) IDENTIFIKASI POTENSI LAHAN RAWAN LONGSOR UNTUK MENDUKUNG LAHAN PERTANIAN BERKELANJUTAN DI KECAMATAN RAMBATAN KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover - abstrak.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN dan SARAN)
BAB V.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
ilovepdf_merged (3).pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Negara Indonesia memiliki lahan perbukitan yang banyak dimanfaatkan untuk budidaya tanaman pertanian oleh petani. Bencana longsor memiliki dampak terhadap kegiatan pertanian berkelanjutan sehingga dapat mempengaruhi produktivitas pertanian dan merusak lingkungan sekitarnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi bencana longsor yaitu dengan melakukan pemetaan daerah-daerah yang berpotensi longsor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daerah yang memiliki potensi terjadi longsor di Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar untuk mempertahankan lahan pertanian berkelanjutan. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu pembuatan peta rawan longsor dengan mengumpulkan 5 jenis peta ( peta curah hujan, peta jenis tanah, peta penggunaan lahan, peta kelerengan, dan peta litologi), pemberian skor dan bobot peta-peta parameter, analisis dan klasifikasi ulang peta. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa terdapat tiga tingkat kerawanan longsor di Kecamatan Rambatan yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Tingkat kerawanan longsor tinggi terhadap penggunaan lahan di Kecamatan Rambatan seluas 4225 Ha yang didominasi oleh tegalan/lading.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Feri Arlius, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kecamatan Rambatan, Lahan Pertanian, Tingkat Kerawanan Longsor
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: S1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:29
Last Modified: 01 Mar 2024 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465101

Actions (login required)

View Item View Item