Efektivitas Program Asuransi Usahatani Padi (Studi Pada Peserta AUTP Di Desa Sungai Pasak Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman)

Muhammad, Ridho Fitries (2024) Efektivitas Program Asuransi Usahatani Padi (Studi Pada Peserta AUTP Di Desa Sungai Pasak Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak_watermark.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Bab I)
export202403011456127960.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
BAB V_watermark.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_watermark.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Skripsi full text)
FullTextSkripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan kesesuaian pelaksanaan program AUTP dan menganalisis tingkat efektivitas pencapaian tujuan program AUTP di Desa Sungai Pasak. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14 Agustus hingga 14 September 2023 di Desa Sungai Pasak, Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman Sumatera Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jenis studi lapangan. Penelitian ini menggunakan metode simpel random sampling dengan sampel sebanyak 30 orang dari kelompok tani yang berada di Desa Sungai Pasak. Untuk menganalisis efektivitas program digunakan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan kategorisasi dari rumus Z Anwar Saifuddin memberikan skor 1 sampai 3 dari data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program AUTP telah berjalan sesuai Pedoman Umum AUTP, sedangkan tingkat efektivitas program berada pada kategori sedang dengan skor total 107 atau skor rata-rata sebesar 7,5. Tujuan pengalihan kerusakan kategori sedang dengan akor 2,33, perlindungan modal kategori tinggi dengan skor 2,75, pengurangan kerugian kategori rendah dengan skor 1,42, dan adopsi teknologi kategori rendah dengan skor 1. Hal ini berarti bahwa program AUTP cukup dapat mencapai tujuannya, namun masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan dari aspek pengurangan kerugian dan adopsi teknologi

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Rudi Febriamansyah, MSc, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Asuransi, Asuransi Pertanian, Efektivitas, Padi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 02 Mar 2024 02:32
Last Modified: 02 Mar 2024 02:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465034

Actions (login required)

View Item View Item