Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemeriksaan HIV Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Air Tabit Kota Payakumbuh Tahun 2023

Tantri, Febria (2024) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemeriksaan HIV Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Air Tabit Kota Payakumbuh Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (BAB 6 PENUTUP)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full text_Skripsi_Tantri_Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh melaporkan pada tahun 2022 penemuan kasus kematian balita positif HIV yang tertular dari ibunya di wilayah kerja Puskesmas Air Tabit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemeriksaan HIV pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Air Tabit Kota Payakumbuh tahun 2023. Metode Penelitian kuantitatif menggunakan desain cross sectional yang dilakukan pada Januari-Desember 2023. Populasi penelitian adalah ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Air Tabit jumlah sampel 66. Teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat menggunakan uji chi-square, dan multivariat menggunakan uji regresi logistik berganda. Hasil Hasil bivariat terdapat hubungan pendidikan (p=0,020), pekerjaan (p=0,040), pengetahuan (p=0,031), dan sikap (p=0,021) dengan pemeriksaan HIV. Dukungan suami (p=1,000) dan dukungan tenaga kesehatan (p=0,705) tidak ada hubungan dengan pemeriksaan HIV. Hasil multivariat faktor yang paling berhubungan adalah pekerjaan (p=0,038 dan POR 5,558). Kesimpulan Pendidikan, pekerjaan, pengetahuan dan sikap berhubungan dengan pemeriksaan HIV. Pekerjaan adalah faktor dominan yang berhubungan dengan pemeriksaan HIV pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Air Tabit. Melakukan perjanjian kerjasama dengan Bidan Praktek Mandiri dengan pihak puskesmas untuk melakukan pemeriksaan HIV di tempat praktek mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hamidatul Yuni, SST., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Pemeriksaan HIV, Ibu hamil, Kota Payakumbuh
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:12
Last Modified: 01 Mar 2024 08:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465030

Actions (login required)

View Item View Item