PENGARUH INTRODUKSI STRAIN Bacillus spp. TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN, SERANGGA HAMA DAN MUSUH ALAMI PADA PERTANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

Alam, Syahputra (2024) PENGARUH INTRODUKSI STRAIN Bacillus spp. TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN, SERANGGA HAMA DAN MUSUH ALAMI PADA PERTANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover Alam.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Alam.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Bab v Kesimpulan dan Saran)
BAB V Alam.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Alam.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI Alam Syahputra BP 1810252060 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Bacillus spp. termasuk ke dalam kelompok PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) yang dapat berperan dalam pertumbuhan dan ketahanan tanaman. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh beberapa strain Bacillus spp. terhadap pertumbuhan tanaman, hama dan musuh alami pada pertanaman bawang merah. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi, Departemen Proteksi Tanaman dan lahan pertanaman bawang merah di Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Penelitian telah dilaksanakan dari bulan Agustus sampai Desember 2022. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 11 perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali. Perlakuan terdiri dari 10 strain Bacillus spp., ditambah dengan perlakuan kontrol (tanpa Bacillus spp.). Variabel yang diamati adalah tinggi dan jumlah daun tanaman, kelimpahan hama dan musuh alami, persentase dan intensitas serangan hama, serta bobot segar dan bobot kering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi strain Bacillus spp. pada tanaman bawang merah mampu menekan serangan hama utama Liriomyza spp. dan S. exigua serta meningkatkan bobot umbi bawang merah dibandingkan kontrol, meskipun tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman. B. mycoides strain MRSNUMBE 2.2 merupakan strain paling efektif utamanya dalam meningkatkan hasil panen bawang merah. Penelitian ini menunjukkan bahwa, Bacillus spp. berpotensi sebagai agensia hayati untuk mengendalikan hama dan meningkatkan produktivitas tanaman bawang merah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hasmiandy Hamid, SP. M.Si
Uncontrolled Keywords: Bawang merah, Bacillus spp., hama, musuh alami
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:02
Last Modified: 01 Mar 2024 07:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464962

Actions (login required)

View Item View Item