ANALISIS KOMPARATIF BIAYA DAN FAKTOR ECO-EFFICIENCY ALUMINUM FORMWORK DAN CONVENTIONAL FORMWORK PROYEK PEMBANGUNAN THE AYOMA APARTMENT

Apdeni, Risma (2024) ANALISIS KOMPARATIF BIAYA DAN FAKTOR ECO-EFFICIENCY ALUMINUM FORMWORK DAN CONVENTIONAL FORMWORK PROYEK PEMBANGUNAN THE AYOMA APARTMENT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (Bab 5. Penutup)
Bab 5. Penutup.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Formwork (bekisting) adalah suatu konstruksi sementar yang berfungsi sebagai cetakan beton untuk menghasilkan beton dengan ukuran, bentuk, dan posisi yang sesuai dengan yang direncanakan. Sebagai konstruksi sementara, formwork harus mampu memikul berat formwork itu sendiri, semua beban mati dan beban hidup yang bekerja pada struktur yang dicetaknya, serta peralatan kerja. Pada proyek pembangunan The AYOMA Apartment digunakan dua tipe formwork yaitu aluminum formwork (bekisting aluminium) dan conventional formwork (bekisting konvensional) yang diaplikasikan dalam satu lantai. Dalam perencanaan proyek ini sendiri belum dilakukan komparasi terhadap dua jenis formwork yang digunakan baik dari segi biaya maupun faktor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi antara aluminum formwork dan conventional formwork dari segi biaya dan faktor eco-efficiency. Komparasi dilakukan khusus pada pekerjaan bekisting Lantai 3 West Tower The AYOMA Apartment. Perhitungan biaya dilakukan dengan menghitung volume pekerjaan bekisting dan analisis harga satuan pekerjaan (AHSP) yang mengacu kepada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 28/PRT/M/2016 tentang Analisa Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum. Adapun faktor eco-effciency ditinjau dari produksi sampah yang dihasilkan oleh manpower. Dari perhitungan diperoleh biaya aluminum Rp 2.708.328.757,73 atau 2,25 lipat lebih mahal dibandingkan biaya conventional formwork sebesar Rp 1.204.987.034,60. Namun bila faktor reusability dipertimbangkan, aluminum formwork lebih efisien hingga 14,83 kali dibandingkan dengan conventional formwork. Pada analisis faktor eco-efficiency, sampah yang dihasilkan manpower untuk pelaksanaan pekerjaan aluminum formwork lebih sedikit, yaitu hanya 56,48% dari sampah yang dihasilkan oleh manpower untuk pekerjaan conventional formwork. Faktor sampah yang dihasilkan bahan utama dan mutu pekerjaan beton yang dihasilkan juga mendukung kesimpulan bahwa tingkat eco-efficiency dari aluminum formwork lebih tinggi dibandingkan dengan conventional formwork.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. James Hellyward, MS, IPU, ASEAN Eng., APEC Eng.
Uncontrolled Keywords: Bekisting, aluminium, analisis komparatif, biaya, eco-efficiency
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Profesi Insinyur
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:26
Last Modified: 01 Mar 2024 07:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464952

Actions (login required)

View Item View Item