Analisis Pelaksanaan Tugas Pokok Penyuluh Pertanian Di Balai Penyuluhan Pertanian Payakumbuh Utara Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh

Amy Septia, Ainul Ihsan (2024) Analisis Pelaksanaan Tugas Pokok Penyuluh Pertanian Di Balai Penyuluhan Pertanian Payakumbuh Utara Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Bagaimana pelaksanaan tugas pokok penyuluh dalam proses usahatani pada kelompok tani di dalam wilayah binaan BPP Payakumbuh Utara. (2) Hambatan apa yang dihadapi penyuluh saat perlaksanaan tugas pokok penyuluh pada kelompok tani di wilayah binaan BPP Payakumbuh Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis survei (survey). Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok tani hamparan yang ada pada wilayah binaan BPP Payakumbuh Utara. Pengambilan sampel dalam penelitiaan ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah wawancara kepada perwakilan kelompok tani yang ada pada wilayah binaan BPP Payakumbuh Utara. Hasil penelitian pada analisis tugas pokok penyuluh pertanian pada wilayah binaan balai penyuluhan pertanian Payakumbuh Utara Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh dapat disumpulkan tugas pokok penyuluh pertanian pada wilayah binaan BPP Payakumuh Utara berada pada kategori tinggi. Dapat dilihat pada penyusunan programa petaniterlibat untuk untuk bersama merangkum programa yang akan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhannya. Pelaksanaan penyuluhan pertanian petani mendapatkan pendampingan mulai dari subsistem hulu sampai pada pemasaran. Penyediaan dan penyebaran infromasi teknologi,sarana produksi, pembiayaan, dan pasar petani mendapatkan informasi dan bantuan untuk dapat membantu dalam usahataninya. Pengembangan kelembagaan dan kemitraan pelaku utama dan pelaku usaha petani mendapatkan bantuan dan fasilitas untuk dapat melaksanakan usahataninya. Peningkatan kapasitas penyuluh swadaya melalui proses pembelajaran secara berkelanjutan penyuluh swadaya mendapatkan pengetahuan yang membantu dirinya dan kelompok dalam proses pelaksanaan penyuluh pada kelompok tani yang ada pada wilayah binaan BPP Payakumbuh Utara. Pelaksanaan proses pembelajaran melalui percontohan, pengembangan model usaha tani bagi pelaku utama dan pelaku usaha petani mendapatkan pengetahuan dalam proses usahatani karena pelaksanaan percontohan memberikan penyelesaian masalah yang dihadapi oleh petani dengan cara pelaksanaan percontohan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang dihadapi oleh petani serta juga melaksanakan percontohan yang menguntungkan untuk dapat digunakan oleh petani dalam pelaksanaan usahataninya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 01 Mar 2024 07:05
Last Modified: 01 Mar 2024 07:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464947

Actions (login required)

View Item View Item