PERILAKU MASYARAKAT DAN DAMPAKNYA TERHADAP HABITAT IKAN GARIANG (Tor tambroides) DI SUNGAI BATANG AIR SINGGALANG SUMATERA BARAT

WILHELLIANA, DIAN HANDAYANI (2023) PERILAKU MASYARAKAT DAN DAMPAKNYA TERHADAP HABITAT IKAN GARIANG (Tor tambroides) DI SUNGAI BATANG AIR SINGGALANG SUMATERA BARAT. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover Abstrak)
Cover Abstrak WILHELLIANA DIAN HANDAYANI.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I WILHELLIANA DIAN HANDAYANI.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP WILHELLIANA DIAN HANDAYANI.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA WILHELLIANA DIAN HANDAYANI.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (FULL)
TESIS WILHELLIANA (2021622002) -revisi wadir 1 (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian mengenai Perilaku Masyarakat dan Dampaknya terhadap Habitat Ikan Gariang (Tor tamborides) di Sungai Batang Air Singgalang, Sumatera Barat, bertujuan untuk memahami perilaku masyarakat terhadap sungai sebagai habitat ikan. Sungai memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan menyediakan habitat alami bagi berbagai jenis makhluk hidup, termasuk ikan. Ikan Gariang (Tor tambroides) adalah salah satu jenis ikan sungai termasuk kelompok biota yang memiliki peran sentral dalam ekosistem sungai, mereka berperan sebagai indikator kualitas lingkungan perairan serta berkontribusi pada berlangsungnya siklus energi dan nutrisi di ekosistem tersebut. hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sungai sebagai habitat Ikan Gariang dipengaruhi oleh aktifitas masyarakat sekitar. Perilaku masyarakat, seperti pembuangan limbah rumah tangga, limbah usaha tanpa pengolahan, penambangan batu, pasir, dan kegiatan pertanian, memiliki dampak negatif pada sungai. Aktivitas tersebut menyebabkan perubahan kualitas air, pencemaran air, tumpukan sampah plastik, menyebabkan perubahan pada struktur dasar dan arus sungai serta gangguan pada ekosistem sungai. Penurunan kualitas air ditunjukkan oleh tingginya kandungan senyawa Klorin dan bakteri Coliform yang melebihi baku mutu pada sungai yang berdampak terganggunya sumber makanan pada ikan menyebabkan terganggunya populasi dan bermigrasinya ikan. Meskipun aktifitas penambangan batu dan pasir memiliki dampak positif dalam memperbaiki kondisi sungai, namun secara keseluruhan, dampak negatif lebih dominan mengganggu habitat ikan disungai.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Asdi Agustar, M.Sc
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu lingkungan
Date Deposited: 01 Mar 2024 04:57
Last Modified: 01 Mar 2024 04:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464937

Actions (login required)

View Item View Item