Pemanfaatan Microwave untuk Meningkatkan Rendemen Distilasi Serai Wangi (Cymbopogon nardus) Studi Kasus Perbedaan Waktu Pemaparan

Nia, Syahrani (2024) Pemanfaatan Microwave untuk Meningkatkan Rendemen Distilasi Serai Wangi (Cymbopogon nardus) Studi Kasus Perbedaan Waktu Pemaparan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
BAB I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (Bab V. Penutup)
BAB V. Penutup.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Serai wangi adalah herba aromatik, memiliki batang kuat, tinggi mencapai 2,5 meter, dengan daun lebar 1-2 cm yang berwarna hijau tua atau coklat saat kering, memiliki pelepah daun berwarna ungu kemerahan di pangkalnya, licin, dan mengilat. Serai wangi pada penelitian ini didistilasi menggunakan metode uap dan air, yang sebelumnya diberikan perlakuan pendahuluan yaitu pemaparan daun serai wangi menggunakan microwave dengan variasi waktu : P0 (tanpa pemaparan), P1(2 menit), P2 (4 menit), P3 (6 menit), P4 (8 menit), P5 (10 menit). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lamanya waktu pemaparan serai wangi menggunakan microwave terhadap rendemen yang dihasilkan dan mengetahui kandungan senyawa di dalam minyak serai wangi. Parameter pengamatan adalah kadar air dan kadar minyak pada bahan baku serai wangi, rendemen, warna, bobot jenis, indeks bias, kelarutan dalam etanol 80%, dan analisis GC-MS pada minyak serai wangi. Analisis data dilakukan dengan ANOVA dan uji lanjut Duncan New Analysis Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian didapatkan bahwa perlakuan pendahuluan pemaparan serai wangi menggunakan microwave berpengaruh signifikan terhadap rendemen hasil distilasi, semakin lama pemaparan daun serai wangi dengan microwave maka rendemen yang dihasilkan akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Anwar Kasim
Uncontrolled Keywords: Serai wangi, distilasi, microwave, rendemen
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: teknik industri pertanian
Date Deposited: 01 Mar 2024 06:46
Last Modified: 01 Mar 2024 06:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464932

Actions (login required)

View Item View Item