PERBEDAAN EKSPRESI TRANSFORMING GROWTH FACTOR BETA-1, INTERLEUKIN -2, INTERLEUKIN-6, INTERLEUKIN-8, INTERLEUKIN-18 ANTARA JARINGAN HIPERPLASIA PROSTAT DENGAN KANKER PROSTAT

Afdal, afdal (2019) PERBEDAAN EKSPRESI TRANSFORMING GROWTH FACTOR BETA-1, INTERLEUKIN -2, INTERLEUKIN-6, INTERLEUKIN-8, INTERLEUKIN-18 ANTARA JARINGAN HIPERPLASIA PROSTAT DENGAN KANKER PROSTAT. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7)
bab7.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img] Text
Disertasi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hiperplasia prostat dan kanker prostat merupakan dua jenis kelainan prostat yang paling sering ditemukan pada laki-laki yang berhubungan dengan inflamasi. Hasil penelitian banyak melaporkan bahwa network sitokin inflamasi berperan dalam penyakit prostat. Akan tetapi, penelitian tersebut hanya meneliti satu sitokin pada masing-masing penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis network sitokin inflamasi yaitu : ekspresi TGF-β1, IL-2, IL-6, IL-8 dan IL-18 secara simultan pada jaringan hyperplasia prostat dengan kanker prostat. Penelitian ini bersifat observasional dengan mengevaluasi network sitokin imflamasi secara imunohistokimia dengan menggunakan blok parafin jaringan hyperplasia prostat dan kanker prostat yang tersedia dilaboratorium patologi anatomi fakultas kedokteran Universitas Andalas Padang. Ekspresi sitokin seluler pada epitel dan stroma dikerjakan secara semi kuantitatif menurut imuno reactive score. Hasil penelitian mendapatkan bahwa hanya IL-6 meningkat secara signifikan pada jaringan epitel PCA dibandingkan dengan BPH. Ekspresi interleukin yang lain, IL-2 dan IL-8 sedikit meningkat pada PCA, sementara itu ekspresi IL-18 rendah pada jaringan PCA. Lebih lanjut, tidak ada perbedaan ekspresi pada interleukin diatas pada skor gleason tinggi maupun rendah pada PCA. Ekspresi TGF-β1 tinggi pada stroma jaringan BPH. Sebagai kesimpulan hanya IL-6 yang terekspresi tinggi pada PCA, sementara TGF-β1 terekspresi tinggi pada stroma BPH. Ternyata tidak ada variabel yang berhubungan bermakna dengan indeks gleason. Penelitian ini diharapkan mendapatkan network sitokin inflamasi pada penyakit prostat yang dibutuhkan sebagai biomarker atau target terapi dimasa datang.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Dr.dr. Eryati Darwin, PA (K)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: s3 Biomedik kedokteran
Date Deposited: 15 Jul 2019 15:35
Last Modified: 15 Jul 2019 15:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46492

Actions (login required)

View Item View Item