PENGARUH PENGGUNAAN SORGUM DAN TEPUNG DAUN INDIGOFERA TERHADAP ASUPAN PROTEIN, RETENSI NITROGEN DAN POPULASI BAKTERI Bacillus amyloliqufaciens DI USUS HALUS AYAM RAS PETELUR YANG MENDAPAT PROBIOTIK WARETHA

Tusri, Widia (2019) PENGARUH PENGGUNAAN SORGUM DAN TEPUNG DAUN INDIGOFERA TERHADAP ASUPAN PROTEIN, RETENSI NITROGEN DAN POPULASI BAKTERI Bacillus amyloliqufaciens DI USUS HALUS AYAM RAS PETELUR YANG MENDAPAT PROBIOTIK WARETHA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan Sorgum dan tepung daun Indigofera sebagai pengganti jagung dalam ransum terhadap asupan protein, retensi nitrogen dan populasi bakteri Bacillus amyloliqufaciens di usus halus ayam ras petelur yang mendapat probiotik Waretha. Penelitian ini menggunakan 200 ekor ayam ras petelur yang dipelihara selama 6 minggu dalam kandang individual (cage), setiap unit percobaan terdiri dari 10 ekor ayam. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuannya adalah penggunaan Sorgum dan tepung daun Indigofera dalam ransum sebagai berikut: A (0% Sorgum + 0% Indigofera), B (10% Sorgum + 1% Indigofera), C (20% Sorgum + 2% Indigofera), D (30% Sorgum + 3% Indigofera)dan E (40% Sorgum + 4% Indigofera). Parameter yang diamati adalah asupan protein, retensi nitrogen dan populasi bakteri Bacillus amyloliqufaciens di usus halus ayam raspetelur. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa penggunaan Sorgum dan tepung daun Indigofera tidak berpengaruh (P>0.05) terhadap asupan protein, retensi nitrogen dan populasi bakteri Bacillus amyloliqufaciens di usus halus ayam ras petelur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian Sorgum 40 %, tepung daun Indigofera 4 % dan pemberian probiotik waretha melalui air minum sebanyak 3 g/liter dapat menggantikan jagung 100 % di dalam ransum ayam ras petelur dilihat dari asupan protein,retensi nitrogen dan populasi bakteri Bacillus amyloliqufaciens di usus halus ayam ras petelur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Wizna, MS
Uncontrolled Keywords: Asupan Protein, Bacillus amyloliqufaciens, Probiotik Waretha, Retensi Nitrogen, Sorgum dan Indigofera.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 09 Jul 2019 15:00
Last Modified: 09 Jul 2019 15:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46490

Actions (login required)

View Item View Item