PENDUGAAN RUMUS BOBOT BADAN KERBAU LUMPUR (Bubalus bubalis) DENGAN UKURAN TUBUH DI NAGARI KATAPING KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Fadly, Rahman (2024) PENDUGAAN RUMUS BOBOT BADAN KERBAU LUMPUR (Bubalus bubalis) DENGAN UKURAN TUBUH DI NAGARI KATAPING KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan)
Bab V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (SKRIPSI Full Text)
SKRIPSI Full Text Fadly Rahman.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menduga rumus bobot badan ternak kerbau lumpur (Bubalus bubalis) berdasarkan ukuran-ukuran tubuh di Nagari Kataping Kecamatan Batang Anai. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah ternak kerbau lumpur sebanyak 100 ekor, yang terdiri dari 81 ekor kerbau betina dan 19 ekor kerbau jantan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, pengambilan data dilakukan dengan cara snowball sampling dan penentuan sampel secara purposive sampling. Peubah yang diamati meliputi bobot badan ternak dan ukuran-ukuran tubuh ternak kerbau antara lain berupa ukuran tinggi pundak, tinggi pinggul, panjang badan dan lingkar dada. Data dianalisis secara destriktif dan disajikan dalam bentuk rataan, standar deviasi dan rataan persen simpangan serta menggunakan analisis statistik berupa uji korelasi dan uji regresi menggunakan program excel. Hasil penelitian ini adalah mendapatkan rumus pendugaan bobot badan kerbau lumpur pada umur 2 tahun keatas yaitu: Rumus untuk betina adalah Yi=-429,18+4,45Ld dengan rataan persen simpangan = 2,80%, rumus untuk jantan adalah Yi=-600,40+5,30Ld dengan rataan persen simpangan = 3,14% dan rumus untuk uniseks adalah Yi=- 474,85+4,68Ld dengan rataan persen simpangan = 3,70%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rumus bobot badan yang diduga memiliki akurasi lebih tinggi dibandingkan dengan rumus Schoorl dengan persentase simpangan yang kecil yaitu berkisar 1,85%-3,70% sedangkan pada rumus Schoorl berkisar 10,05%-19,75%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ferry Lismanto Syaiful,S.Pt,MP
Uncontrolled Keywords: Bobot Badan, Kerbau Lumpur, Regresi, Korelasi, Ukuran Tubuh
Subjects: Q Science > QL Zoology
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 01 Mar 2024 02:13
Last Modified: 01 Mar 2024 02:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464750

Actions (login required)

View Item View Item