Analisis Efektivitas Distribusi Pupuk Bersubsidi Pada Tingkat Petani Padi di Nagari Silongo Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung

Voni, Wulandari (2024) Analisis Efektivitas Distribusi Pupuk Bersubsidi Pada Tingkat Petani Padi di Nagari Silongo Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan prosedur pelaksanaan distribusi pupuk bersubsidi di Nagari Silongo Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung, (2) Menganalisis efektivitas penyaluran pupuk bersubsidi pada tingkat petani padi berdasarkan enam prinsip tepat (harga, jenis, jumlah, waktu, tempat dan mutu). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Responden pada penelitian ini berjumlah 34 responden dan penentuan responden menggunakan metode simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Prosedur pelaksanaan distribusi pupuk bersubsidi ditempat penelitian yaitu di Nagari Silongo Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung sudah terlaksana. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan seperti berkurangnya keaktifan kelompok tani dalam musyawarah untuk menyusun Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) sehingga RDKK disusun sendiri oleh ketua kelompok tani atau penyuluh pertanian berdasarkan data RDKK tahun sebelumnya. (2) Efektivitas penyaluran pupuk bersubsidi untuk indikator tepat jenis dan tepat mutu dikategorikan sangat efektif. Indikator tepat waktu dikategorikan efektif dan indikator tepat tempat dikategorikan cukup efektif. Sedangkan indikator tepat harga dan tepat jumlah dikategorikan tidak efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hasnah, S.P., DipAgEc., M.Ec. Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Distribusi, Efektivitas, Pupuk Bersubsidi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 01 Mar 2024 04:04
Last Modified: 01 Mar 2024 04:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464731

Actions (login required)

View Item View Item