KAJIAN SIFAT FISIKA TANAH DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) PADA TINGKAT KEMIRINGAN LAHAN YANG BERBEDA (STUDI KASUS: PT BINA PRATAMA SAKATO JAYA, KILIRAN JAO)

PUTRI, YOLANDA (2024) KAJIAN SIFAT FISIKA TANAH DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) PADA TINGKAT KEMIRINGAN LAHAN YANG BERBEDA (STUDI KASUS: PT BINA PRATAMA SAKATO JAYA, KILIRAN JAO). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 5 (Kesimpulan dan Saran))
BAB 5.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanaman Kelapa Sawit merupakan salah satu tanaman perkebunan yang sangat banyak dibudiayakan di Indonesia baik dari kebun rakyat, perusahaan swasta hingga negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa sifat fisika tanah di perkebunan kelapa sawit pada tingkat kemiringan lahan yang berbeda di PT Bina Pratama Sakato Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan metode pengambilan sampel tanah di lapangan yaitu terstrata dengan kriteria jenis tanah, tahun tanam, dan variestas tanaman sama. Hasil penelitian nilai kadar air tanah dari 2,45%-4,16% dengan kriteria sangat rendah, nilai indeks stabilitas agregat tanah dari 23,25%-29,66% dengan kriteria tidak mantap, kandungan bahan organik tanah dari 4,28%-6,51% dengan kriteria sedang, dan terjadi peningkatan nilai berat volume tanah dari 1,56 g/cm3-1,66 g/cm3 dengan krteria tinggi. Tekstur tanah didominasi fraksi pasir 46,5% dan fraksi liat 37,75% dengan kelas tekstur lempung berliat pada kemiringan datar hingga curam dan liat berpasir pada kemiringan agak curam. Sifat fisika tanah berhubungan erat dengan kemiringan lahan dan produksi TBS kelapa sawit. Semakin curam kemiringan lahan maka sifat fisika tanahnya menjadi kurang bagus bagi tanaman dan produksi TBS menjadi menurun. Kata kunci: Inceptisol, Erosi, Konservasi, Ideal

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inceptisol, Erosi, Konservasi, Ideal
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:40
Last Modified: 29 Feb 2024 09:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464630

Actions (login required)

View Item View Item