Hubungan Body Image, Pola Konsumsi Makanan, dan Kualitas Diet terhadap Status Gizi Remaja Putri di SMAN 10 Padang Tahun 2023

Siti, Hamaliyah (2024) Hubungan Body Image, Pola Konsumsi Makanan, dan Kualitas Diet terhadap Status Gizi Remaja Putri di SMAN 10 Padang Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (388kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (533kB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full trext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa yang termasuk ke dalam kelompok rentan mengalami masalah gizi, terutama status gizi kurang maupun lebih. Faktor yang dapat mempengaruhi status gizi pada remaja adalah body image, pola konsumsi makanan, dan kualitas diet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan body image, pola konsumsi makanan, dan kualitas diet terhadap status gizi remaja putri di SMAN 10 Padang. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dan teknik pengambilan sampel dengan metode proportional random sampling. Sampel penelitian ini adalah remaja putri kelas X dan XI di SMAN 10 Padang yang berusia 16-18 tahun dengan jumlah 118 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan cara pengukuran antropometri, wawancara, dan pengisian kuesioner. Data dianalisis secara univariat dan bivariat. Penelitian ini menggunakan uji statistik chi-square dan fisher’s exact test. Hasil penelitian menunjukkan 76,3% responden memiliki body image negatif, 82,2% responden memiliki pola konsumsi makanan kurang, 86,4% responden memiliki kualitas diet tidak baik, dan 78,8% responden memiliki status gizi normal. Terdapat hubungan yang signifikan antara body image (p-value=0,037) dengan status gizi remaja putri. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola konsumsi makanan (p-value=0,238) dan kualitas diet (p-value=0,517) dengan status gizi remaja putri. Body image memiliki hubungan yang signifikan terhadap status gizi remaja putri. Pola konsumsi makanan dan kualitas diet tidak memiliki hubungan yang siginifikan terhadap status gizi remaja putri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Denas Symond, MCN
Uncontrolled Keywords: body image, kualitas diet, pola konsumsi makanan, status gizi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 01 Mar 2024 06:59
Last Modified: 01 Mar 2024 06:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464628

Actions (login required)

View Item View Item