PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PRIORITAS LOKASI PEMASARAN DENGAN METODE AHP DAN PROMETHEE (STUDI KASUS: PERUSAHAAN ‘XYZ’)

Zulfani, Fathania (2024) PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PRIORITAS LOKASI PEMASARAN DENGAN METODE AHP DAN PROMETHEE (STUDI KASUS: PERUSAHAAN ‘XYZ’). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (Laporan TA Full Text)
TA Fathania Zulfani Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perusahaan 'XYZ', sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang fokus pada asuransi atau penjaminan, memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan ekonomi Indonesia. Pemasaran menjadi elemen krusial bagi Perusahaan ‘XYZ’, namun menentukan prioritas lokasi pemasaran yang strategis memerlukan perhitungan yang cermat terhadap berbagai faktor penentu untuk menghindari potensi kerugian materi dan non-materi. Saat ini penentuan lokasi pemasaran di Perusahaan ‘XYZ’ masih berdasarkan preferensi individu dan bersifat subjektif. Hal ini dapat mengakibatkan ketidakobjektifan dalam menilai dan memilih lokasi pemasaran yang strategis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan mengintegrasikan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (PROMETHEE) untuk meningkatkan efektivitas dalam pemilihan prioritas lokasi pemasaran. Metode AHP digunakan untuk mendapatkan bobot kriteria, sedangkan metode PROMETHEE digunakan untuk melakukan pemeringkatan alternatif. Dalam proses penelitian dilakukan proses uji sensitivitas terhadap metode AHP dan metode AHP-PROMETHEE untuk mencari metode yang paling tepat terhadap masalah ini. Setelah melalui proses uji sensitivitas telah ditemukan bahwa metode AHP memiliki perubahan sebesar 1,001% dan metode AHP-PROMETHEE sebesar 13,55% sehingga disimpulkan bahwa metode AHP-PROMETHEE yang paling relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode AHP dan PROMETHEE efektif dalam menentukan prioritas lokasi, dengan kriteria seperti market share, jumlah mitra, tenaga kerja, dan kepadatan penduduk. Selain itu, sistem pendukung keputusan berhasil memberikan rekomendasi prioritas lokasi pemasaran, dan meningkatkan proses pengambilan keputusan di Perusahaan 'XYZ'.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Haris Suryamen, M.Sc and Ullya Mega Wahyuni, M.Kom
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 01 Mar 2024 03:29
Last Modified: 01 Mar 2024 03:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464625

Actions (login required)

View Item View Item