Hubungan Berat Badan Lahir, Riwayat Pemberian ASI Eksklusif dan Pemberian Makanan Pendamping ASI dengan Kejadian Wasting di Wilayah Kerja Puskesmas Pegambiran Kota Padang Tahun 2023

Putri, Busra (2024) Hubungan Berat Badan Lahir, Riwayat Pemberian ASI Eksklusif dan Pemberian Makanan Pendamping ASI dengan Kejadian Wasting di Wilayah Kerja Puskesmas Pegambiran Kota Padang Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI - FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anak usia di bawah dua tahun merupakan kelompok yang paling rentan mengalami segala bentuk masalah gizi, salah satunya wasting. Wasting merupakan gejala kekurangan gizi akut yang dapat disebabkan oleh berat badan lahir rendah, riwayat ASI eksklusif, rendahnya kuantitas dan kualitas makanan pendamping ASI dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan berat badan lahir, riwayat ASI Eksklusif, dan pemberian makanan pendamping ASI dengan kejadian wasting pada anak usia 6-23 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Pegambiran Kota Padang tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Desember. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sebanyak 71 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, pengukuran berat badan dan tinggi badan pada anak. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Fisher Exact Test. Hasil analisis univariat menunjukkan kejadian wasting (14,1%), berat badan lahir normal (90,1%), riwayat ASI Eksklusif (49,3%), pemberian MPASI baik (78,9%). Analisis bivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan antara berat badan lahir dengan kejadian wasting (p=1,000), tidak terdapat hubungan antara riwayat ASI Eksklusif dengan kejadian wasting (p=0,307), dan terdapat hubungan antara pemberian makanan pendamping ASI dengan kejadian wasting (p=0,001). Terdapat hubungan pemberian MPASI dengan kejadian wasting dan tidak terdapat hubungan berat badan lahir dan riwayat ASI Eksklusif dengan kejadian wasting pada anak usia 6-23 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Pegambiran Kota Padang Tahun 2023.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ice Yolanda Puri, S.Si.T., M.Kes., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Berat Badan Lahir, Riwayat ASI Eksklusif, Pemberian MPASI, dan Wasting
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:48
Last Modified: 01 Mar 2024 08:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464618

Actions (login required)

View Item View Item