SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER OBAT GENERIK PADA APOTEK MEDISIA FARMA MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE AHP DAN TOPSIS

Dania, Clarasinta Hansen (2024) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER OBAT GENERIK PADA APOTEK MEDISIA FARMA MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE AHP DAN TOPSIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Obat generik merupakan obat yang telah habis masa patennya, sehingga bisa diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa perlu membayar hak paten. Pemerintah menganjurkan penggunaan obat generik, yang mana obat-obat generik tersebut memiliki harga yang sama sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 302/Menkes/SK/III/2008. Umumnya, obat generik memiliki efektivitas yang sama dengan obat paten, namun harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan obat paten. Terdapat banyak dokter praktik di sekitar Apotek Medisia Farma dimana pasien-pasien dari dokter-dokter tersebut menebus obat pada Apotek Medisia Farma setiap harinya. Di sisi lain, Apotek Medisia Farma sedang mengalami kesulitan dalam menentukan supplier obat generik yang tepat dalam meminimalisir keterlambatan pengadaan obat. Oleh karena itu, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk membantu Apotek Medisia Farma dalam menentukan supplier (Pedagang Besar Farmasi) yang paling tepat agar tidak terjadinya kendala terkait pengadaan stok obat. Peran metode AHP dalam penelitian ini ialah dalam pembobotan antar kriteria, sementara itu peran metode TOPSIS ialah dalam menghasilkan nilai preferensi dan perankingan hasil rekomendasi. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah kemasan produk, waktu pengiriman, diskon, tempo pembayaran, sistem pemesanan, layanan purnajual obat, sistem pembayaran tagihan dan skala supplier. Hasil dari penelitian ini ialah sebuah Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan TOPSIS yang dibangun berbasis web yang user friendly.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dwi Welly Sukma Nirad
Uncontrolled Keywords: AHP, Apotek, Obat Generik, Pedagang Besar Farmasi, TOPSIS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:16
Last Modified: 04 Mar 2024 04:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464611

Actions (login required)

View Item View Item