STUDI VARIETAS DAN KADAR AIR JAGUNG (Zea mays L.) PADA PEMIPILAN DENGAN SUMBER TENAGA MOTOR LISTRIK

Aldi, Umma (2024) STUDI VARIETAS DAN KADAR AIR JAGUNG (Zea mays L.) PADA PEMIPILAN DENGAN SUMBER TENAGA MOTOR LISTRIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (FULL)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Varietas jagung hibrida yang sering digunakan di Sumatera Barat adalah jagung hibrida varietas NK7328 dan Pioner. Salah satu upaya untuk mengembangkan industri pertanian khususnya tanaman jagung adalah proses pemipilan. Telah dilakukan penelitian mengenai studi varietas dan kadar air jagung (zea mays L.) pada pemipilan dengan sumber tenaga motor listrik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis teknis pemipilan jagung dengan sumber tenaga motor listrik pada beberapa varietas dan kadar air jagung, melakukan analisis ekonomi pada mesin pemipil jagung. Pengamatan analisis teknis yang dilakukan adalah kapasitas pemipilan, kapasitas pengumpanan, persentase biji jagung rusak, persentase biji jagung tercecer, persentase biji jagung tidak terpipil, efisiensi pemipilan dan rendemen pemipilan. Kesimpulan pengamatan pada studi varietas dan kadar air jagung (zea mays l.) pada pemipilan dengan sumber tenaga motor listrik didapatkan bahwa varietas dan kadar air jagung yang paling bagus pada pemipilan menggunakan mesin pemipil jagung yaitu pada varietas NK7328 kemudian untuk analisis ekonomi didapatkan biaya tetap sebesar Rp 496.000/tahun, biaya tidak tetap sebesar Rp 13.487/jam, biaya pokok rata-rata pada varietas pioner sebesar Rp 73,67/kg dan varietas NK7328 sebesar Rp 66,9/kg, serta titik impas akan tercapai apabila mesin pemipil jagung bekerja selama 20 hari/tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Santosa, MP
Uncontrolled Keywords: Jagung Varietas NK7328, Jagung Varietas Pioner, Kadar Air, Lama Penjemuran, Analisis Teknis, Analisis Ekonomi, Mesin Pemipil Jagung
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: S1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:09
Last Modified: 29 Feb 2024 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464600

Actions (login required)

View Item View Item