MODAL POLITIK KASMARNI PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN BENGKALIS TAHUN 2020

MUHAMAD, RIDO PUTRA (2024) MODAL POLITIK KASMARNI PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN BENGKALIS TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (480kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (612kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Muhamad Rido Putra_Modal Politik Kasmarni Pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bengkalis Tahun 2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keterlibatan perempuan dalam lembaga eksekutif memiliki tantangan yang cukup berat dalam mewujudkan persamaan hak. Hal ini dikarenakan hanya sedikit perempuan berani untuk terlibat bertarung dalam memperoleh kekuasaan eksekutif. Seperti yang terjadi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 memiliki sedikit perbedaan dengan pelaksanaan sebelumnya. Dimana Pilkada dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19 sehingga terjadi pembatasan dalam pelaksanaan kampanye. Begitu juga dengan Pilkada di Kabupaten Bengkalis tahun 2020 yang diikuti oleh empat pasangan calon dimana untuk pertama kali terdapat calon bupati perempuan yakni Kasmarni. Berpasangan dengan Bagus Santoso dan didukung oleh partai Gerindra, PAN, PBB, Nasdem, dan Demokrat. Pada Pilkada serentak yang dilaksanakan Kasmarni berhasil meraih kemenangan dengan perolehan sebanyak 91.291 ribu jiwa atau 32,8%. Penelitian ini berfokus untuk menganalisis modal politik kepala daerah perempuan yakni Kasmarni. Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan penggunaan modal politik dalam Pilkada 2020 di kabupaten Bengkalis oleh Kasmarni dan Bagus Santoso. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan teori modal politik dari Pierre Bourdieu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal politik Kasmaarni yang terdiri dari modal ekonomi, modal sosial, modal budaya, dan modal simbolik Pilkada Kabupaten Bengkalis tahun 2020. Modal utama yang digunakan oleh Kasmarni adalah modal partai politik yang besar memudahkan untuk masif melakukan kampanye kepada masyarakat. Kemudian modal figur Kasmarni yang lembut sehingga bisa menyentuh hati masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indah Adi Putri, M.IP
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Kepala Daerah, Modal Politik, Bengkalis
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:23
Last Modified: 29 Feb 2024 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464594

Actions (login required)

View Item View Item