Pengaruh Intensitas Sosialisasi POlitik di Masa Pandemi Terhadap Tingkat Partisipasi Masyarakat pada Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Solok

Zulbadrani, Zulbadrani (2024) Pengaruh Intensitas Sosialisasi POlitik di Masa Pandemi Terhadap Tingkat Partisipasi Masyarakat pada Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI ZULBADRANI 2010832011.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh agenda Pemilihan Kepala daerah pada tahun 2020, dimana Fenomena pelaksanaan Pilkada yang sejatinya akan digelar pertengahan tahun 2020 harus tertunda karena adanya wabah Covid-19 yang merupakan cluster terbaru yang muncul sebagai suatu penyakit non alam. Peneliti beranggapan bahwasanya tingkat partisipasi politik masyarakat dipengaruhi oleh intensitas sosialisasi politik masyarakat Kabupaten Solok, sosialisasi politik secara konsep dasar merupakan proses pengajaran nilai-nilai masyarakat, dalam hal ini nilai-nilai dan kebudayaan politik, kepada warga negara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh intensitas sosialisasi politik terhadap tingkat partisipasi politik masyarakat pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 di Kabupaten Solok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sosialisasi politik yang dalam penelitian ini dijadikan variabel (X) dan teori partisipasi politik yang dijadikan sebagai variabel (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tipe penelitian penjelasan (explanatory research). Data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner, responden dipilih menggunakan metode bertahap (multi stage sampling) yaitu simple random sampling. Analisis data menggunakan SPSS 23 dengan analisis tabulasi silang dan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Kendall Tau. Dalam mengukur pengaruh antara Intensitas sosialisasi politik (X) terhadap partisipasi politik (Y), data statistic menunjukan bahwa diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,428 untuk variabel intensitas sosialisasi politik. Dari hasil analisis statistik tersebut, keputusan yang bisa diambil adalah hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, karena nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05 untuk variabel intensitas sosialisasi politik (X). Ini berarti ada hubungan atau pengaruh intensitas sosialisasi politik masyarakat dengan partisipasi politik masyarakat di Kabupaten Solok. Artinya intensitas sosialisasi politik masyarakat berpengaruh terhadap partisipasi politik pada pemilihan kepala daerah di Kabupaten Solok tahun 2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Doni Hendrik, M.Soc.Sc
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 29 Feb 2024 06:58
Last Modified: 29 Feb 2024 06:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464522

Actions (login required)

View Item View Item