PENGARUH PENGGANTIAN JAGUNG DENGAN SORGUM DAN TEPUNG DAUN INDIGOFERA DALAM RANSUM AYAM RAS PETELUR TERHADAP PRODUKSI, BERAT, DAN HAUGH UNIT TELUR

Gifvami, Selju (2019) PENGARUH PENGGANTIAN JAGUNG DENGAN SORGUM DAN TEPUNG DAUN INDIGOFERA DALAM RANSUM AYAM RAS PETELUR TERHADAP PRODUKSI, BERAT, DAN HAUGH UNIT TELUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 (penutup).pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggantian jagung dengan Sorgum dan tepung daun Indigofera dalam ransum ayam ras petelur terhadap produksi, berat dan Haugh Unit telur. Penelitian ini menggunakan 200 ekor ayam ras petelur ISA Brown berumur 63 minggu yang masing-masingnya menempati kandang baterai berukuran 22x40x40 cm. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan dengan Sorgum dan tepung daun Indigofera dengan komposisi ransum sebagai berikut : A (0% Sorgum + 0% Indigofera), B (10% Sorgum + 1% Indigofera), C (20% Sorgum + 2% Indigofera), D (30% Sorgum + 3% Indigofera) dan E (40% Sorgum + 4% Indigofera). Parameter yang diamati adalah produksi telur harian, berat telur, dan Haugh Unit telur. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa penggantian jagung dengan Sorgum dan tepung daun Indigofera tidak berpengaruh (P>0,05) terhadap produksi telur harian, berat telur dan Haugh Unit telur ayam ras petelur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemakaian campuran Sorgum 40 % dengan tepung daun Indigofera 4 % dapat menggantikan jagung di dalam ransum ayam ras petelur tanpa menggaggu produksi telur harian, berat telur dan Haugh Unit telur ayam ras petelur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Hj. Wizna, MS
Uncontrolled Keywords: berat telur, Haugh Unit telur, Sorgum, tepung daun Indigofera, produksi telur harian.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 09 Jul 2019 14:58
Last Modified: 09 Jul 2019 14:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46452

Actions (login required)

View Item View Item