Potensi Nefroprotektif Ekstrak Etanol Bunga Kecombrang (Etlingera elatior (Jack) R.M Sm.) Terhadap Kadar Total Protein dan Albumin pada Mencit (Mus Musculus) Jantan yang Diinduksi Parasetamol

Haura, Nur Afifah (2024) Potensi Nefroprotektif Ekstrak Etanol Bunga Kecombrang (Etlingera elatior (Jack) R.M Sm.) Terhadap Kadar Total Protein dan Albumin pada Mencit (Mus Musculus) Jantan yang Diinduksi Parasetamol. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (Skripsi Full Text_Haura Nur Afifah_2011222031)
Skripsi Full Text_Haura Nur Afifah_2011222031.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kecombrang memiliki efek antioksidan yang dapat mencegah terjadinya nefrotoksisitas akibat overdosis parasetamol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakterisasi dan potensi nefroprotektif ekstrak etanol bunga kecombrang (Etlingera elatior) pada mencit (Mus musculus) jantan yang diinduksi parasetamol. Penelitian ini bersifat eksperimental laboratorik dengan metode post test only controlled group design menggunakan mencit putih jantan sebanyak 25 ekor yang dibagi menjadi 5 kelompok. K1 hanya diberikan Na-CMC, K2 diberikan Na-CMC dan parasetamol, P1, P2, P3 berturut-turut diberikan 200mg/kgBB, 300mg/kgBB, 400mg/kgBB ekstrak etanol bunga kecombrang dan parasetamol. Seluruh perlakuan dilakukan selama 7 hari melalui rute oral menggunakan sonde. Pada hari ke-5, 6, dan 7 mencit diberi parasetamol sesuai dosis. Pada hari ke-8 mencit dikorbankan dan diperoleh serumnya. Data dianalisis menggunakan uji One-way ANOVA (Analysis of Variance) dengan derajat kemaknaan p<0,05. Ekstrak bertekstur kental, bewarna coklat kemerahan, pahit, dan berbau khas. Kadar abu ekstrak sebesar 22,43331%. Sedangkan, susut pengeringan sebesar 13,45585%. Ekstrak mengandung alkaloid, flavonoid, triterpenoid, dan tanin. Uji statistik kadar albumin menunjukkan (p)= 0.656 (α>0,05); sedangkan kadar total protein (p)= 0.135 (α>0,05). Hasil analisis kadar total protein dan albumin menunjukkan tidak ada hubungan nyata, akan tetapi tren kadar total protein dan albumin menunjukkan adanya potensi nefroprotektif ekstrak kecombrang terhadap kerusakan ginjal yang diinduksi parasetamol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Firdaus, S.P., M.Si.
Uncontrolled Keywords: kecombrang (Etlingera elatior), nefroprotektif, total protein, albumin, ginjal, parasetamol
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:33
Last Modified: 29 Feb 2024 08:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464489

Actions (login required)

View Item View Item