KORELASI MEAN PLATELET VOLUME DENGAN URINE ALBUMIN-CREATININE RATIO BERDASARKAN KONTROL GLIKEMIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2

Hessa, Sena Alinia (2024) KORELASI MEAN PLATELET VOLUME DENGAN URINE ALBUMIN-CREATININE RATIO BERDASARKAN KONTROL GLIKEMIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (427kB)
[img] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (DAPUS)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (thesis fulltext)
Thesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Kontrol glikemik buruk pada pasien diabetes melitus tipe 2 (DMT2) berhubungan dengan hiperkoagulasi yang menyebabkan peningkatan reaktivitas trombosit dan ditandai dengan peningkatan mean platelet volume (MPV). Nilai MPV meningkat seiring dengan perkembangan nefropati diabetik. Deteksi awal nefropati diabetik pada pasien DMT2 yang direkomendasikan adalah pemeriksaan uACR, namun pemeriksaan ini belum rutin dilakukan di layanan kesehatan. Pemeriksaan MPV merupakan pemeriksaan hematologi yang mudah, praktis, dan dapat dinilai pada alat hematologi otomatis, sehingga dapat memperkirakan risiko vaskular pada pasien DMT2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara nilai MPV dan kadar uACR berdasarkan kontrol glikemik pada pasien DMT2 di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional yang dilakukan di RSUP Dr. M. Djamil Padang pada bulan Mei hingga Oktober 2023. Pasien DMT2 dikelompokkan berdasarkan kontrol glikemik menggunakan parameter HbA1c, kemudian dihitung nilai MPV dan kadar uACR. Pemeriksaan HbA1c dihitung menggunakan metode borronate affinity. Nilai MPV dihitung dengan kalkulasi plateletkrit dan trombosit, sedangkan pemeriksaan uACR dinilai menggunakan rasio albumin dan kreatinin urine. Data dianalisis dengan uji korelasi Spearman dengan nilai signifikan p <0,05. Hasil: Sebanyak 64 subjek pasien DMT2 dimasukkan dalam penelitian ini. Mayoritas jenis kelamin adalah perempuan, dengan rerata usia 54 tahun. Lebih dari setengah subjek DMT2 (58,2%) telah menderita penyakit DMT2 selama 5-10 tahun. Nilai MPV dengan uACR tidak menunjukkan adanya korelasi yang signifikan (r= 0,005, p=0,0997) pada pasien DMT2 dengan kontrol glikemik baik, sedangkan korelasi positif lemah ditemukan antara nilai MPV dan kadar uACR pada pasien DMT2 dengan kontrol glikemik buruk (r=0,267, p=0,013). Simpulan: Tidak ditemukan korelasi antara nilai MPV dan kadar uACR pada pasien DMT2 dengan kontrol glikemik baik, sedangkan pada kontrol glikemik buruk didapatkan korelasi positif lemah.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Elfira Yusri, M.MRS, Sp.PK, Subsp. H. K. (K)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: MPV, uACR, kontrol glikemik, DMT2
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:27
Last Modified: 29 Feb 2024 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464472

Actions (login required)

View Item View Item