Pengaruh Pemberian Bungkil Inti Sawit Fermentasi dengan Lactobacillus fermentum dalam Ransum terhadap Retensi Nitrogen, Daya Cerna Serat Kasar dan Energi Metabolisme Broiler

Yulista, Maghfara (2024) Pengaruh Pemberian Bungkil Inti Sawit Fermentasi dengan Lactobacillus fermentum dalam Ransum terhadap Retensi Nitrogen, Daya Cerna Serat Kasar dan Energi Metabolisme Broiler. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh Maghfara Yulista.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan batas level optimum pemberian ransum yang mengandung Bungkil Inti Sawit Fermentasi (BISF) dengan Lactobacillus fermentum terhadap retensi nitrogen, daya cerna serat kasar dan energi metabolisme broiler. Materi dalam penelitian ini menggunakan Bungkil Inti Sawit, Lactobacillus fermentum, zat dan peralatan laboratorium serta 24 ekor broiler strain MB-202 dari PT. Japfa Comfeed Indonesia umur 6 minggu diambil dari pemeliharaan sebelumnya dengan berat ± 2 kg. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah penggunaaan BISF dalam ransum yang terdiri dari : R1 (Ransum Kontrol), R2 (20% BISF), R3 (25% BISF), R4 (30% BISF), dan R5 (35% BISF). Peubah yang diamati yaitu retensi nitrogen, daya cena serat kasar dan energi metabolisme. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa ransum perlakuan memberikan pengaruh sangat nyata (P˂0,01) terhadap retensi nitrogen, daya cerna serat kasar dan energi metabolisme. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian BISF dengan Lactobacillus fermentum hanya dapat digunakan sampai 30% dalam ransum broiler dilihat dari retensi nitrogen 58,93%, daya cerna serat kasar 57,79%, dan energi metabolisme 2653,44 Kkal/kg. Kata kunci : BISF, Broiler, Daya Cerna Serat Kasar, Lactobacillus fermentum, Retensi Nitrogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Mirnawati, MS Prof. Dr. Ir. Gita Ciptaan, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:25
Last Modified: 29 Feb 2024 08:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464436

Actions (login required)

View Item View Item