EVALUASI TINGKAT KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) TENAGA KERJA KONSTRUKSI PADA PEMBANGUNAN TAHAP 1 GEDUNG LABORATORIUM TERPADU TEKNOLOGI RADIOLOGI PENCITRAAN, TEKNIK LABORATORIUM MEDIK, FARMASI, DAN PROFESI GIZI POLITEKNIK KESEHATAN BENGKULU TAHUN ANGGARAN 2023

Redho, Sumarto (2024) EVALUASI TINGKAT KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) TENAGA KERJA KONSTRUKSI PADA PEMBANGUNAN TAHAP 1 GEDUNG LABORATORIUM TERPADU TEKNOLOGI RADIOLOGI PENCITRAAN, TEKNIK LABORATORIUM MEDIK, FARMASI, DAN PROFESI GIZI POLITEKNIK KESEHATAN BENGKULU TAHUN ANGGARAN 2023. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover Abstrak)
Abstrak.. .pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I Pendahuluan .pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Bab Penutup)
BAB V Penutup .pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka .pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Laporan teknik ini bertujuan untuk mengetahui kondisi tingkat kepatuhan tenaga kerja terhadap penggunaan alat pelindung diri (APD) dan menyusun strategi dalam meningkatkan kepatuhan tenaga kerja untuk penggunaan alat pelindung diri (APD). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode analisis data dengan mengunakan metode SWOT. Hasil laporan pada evaluasi tingkat kepatuhan penggunaan alat pelindung diri (APD) tenaga kerja konstruksi pada pembangunan tahap 1 gedung laboratorium terpadu teknologi radiologi pencitraan, teknik laboratorium medik, farmasi, dan profesi gizi politeknik kesehatan bengkulu tahun anggaran 2023. bahwa kondisi tingkat kepatuhan penggunaan APD masih kurang, berdasarkan faktor kekuatan, kelemahan dan peluang memiliki nilai tinggi, sedangkan faktor ancaman memiliki nilai rendah. Berdasarkan analisis SWOT evaluasi tingkat kepatuhan penggunaan alat pelindung diri (APD) tenaga kerja konstruksi pada pembangunan tahap 1 gedung laboratorium terpadu teknologi radiologi pencitraan, teknik laboratorium medik, farmasi, dan profesi gizi politeknik kesehatan bengkulu tahun anggaran 2023 di peroleh nilai yang berfungsi sumbu Y yaitu +0,282 dan sumbu X yaitu -0,613 yang berarti terletak pada kuadran III dan strategi yang diberikan adalah UBAH STRATEGI yaitu mengubah strategi sebelumnya untuk menangkap peluang yang lebih besar, 1). Penambahan anggaran dana pada paket kegiatan, 2). Meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan APD dengan sosialisasi dan pelatihan secara berkelanjutan 3). Penambahan logo-logo K3, spanduk K3, baneer K3 dan larangan tidak menggunakan peralatan K3 4). Menambah jumlah tenaga K3 5). Memberikan penghargaan individu maupun tim bagi yang mentaati pengguna APD minimal 1 bulan sekali 6). Menaikan jumlah upah/gaji karyawan dan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Benny Dwika Leonanda, ST, MT, IPM, ASEAN Eng
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Profesi Insinyur
Date Deposited: 29 Feb 2024 01:31
Last Modified: 29 Feb 2024 01:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464419

Actions (login required)

View Item View Item