EVALUASI MUTU BETON HASIL PELAKSANAAN DENGAN RENCANA MIX DESIGN PADA PELAKSANAAN PEKERJAAN PEMBANGUNAN PTM KUTAU (TAHAP LANJUTAN) KABUPATEN BENGKULU SELATAN

DOFI, HENDRO FOGI (2024) EVALUASI MUTU BETON HASIL PELAKSANAAN DENGAN RENCANA MIX DESIGN PADA PELAKSANAAN PEKERJAAN PEMBANGUNAN PTM KUTAU (TAHAP LANJUTAN) KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (1. Coper + abstrak)
1.Cover + Abstrak.pdf

Download (537kB)
[img] Text (2.Bab1 penutup)
2.Bab 1.pdf

Download (482kB)
[img] Text (3. bab penutup)
3.Bab Akhir Penutup.pdf

Download (463kB)
[img] Text (4. daftar Fustaka)
4.Daftar Pustaka.pdf

Download (350kB)
[img] Text (5. Laporan teknik 1 feil Full)
5.Laporan Teknik Dofi Hendro Fogi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Mutu beton adalah pengklasifikasian kualitas beton berdasarkan pada nilai kuat tekan beton, yang nilainya sangat berpengaruh dari JMF yang dibuat. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi mutu beton adalah takaran dalam membuat beton di lapangan tidak sesuai dengan JMF yang ada. Hal ini membuat mutu beton di lapangan tidak sesuai dengan yang di rencanakan, yaitu mutu beton K- 225. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengevaluasi JMF yang ada dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas beton di lapangan, pembuatan benda uji kubus, dan pengujian uji tekan beton kubus. Sehingga didapatkan hasil dari laboratorium dan penelitian lapangan yaitu Dari hasil Kadar Lumpur yang dihasilkan pada agregat halus pasir terdapat kadar lumpur ≥ 5% Sehingga diharuskan untuk mencuci material terlebih dahulu hal ini menyebabkan kadar air dalam material tersebut berlebih sehingga penggunaan material lain seperti semen, batu pecah dan pasir di lebihkan dari rencana JMF yang ditentukan, Dari hasil Slump Test Nilai Slump yang dihasilkan senilai 10 – 12 dalam satuan sentimeter (cm), Dari hasil Pengujian sampel beton hasil kuat tekan beton real yang didapat beton yang sudah berumur 21 dan 22 hari perendaman ialah 22.01 Mpa s/d 37.42 Mpa 21 dan 22 hari didapat hasil yang mencapai kekuatan lebih dari nilai kuat tekan yang ditargetkan dan Dari hasil Hammer Test pada beton Kolom, Pile Cap dan Tie Beam didapatkan mutu beton K-250 s/d K-306 hasil yang dicapai lebih dari nilai mutu beton yang direncanakan yaitu K-225. Dengan hasil penelitian tersebut, faktor-faktor yang ada di lapangan membuat mutu beton di lapangan berlebih dari mutu beton yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Ir. Benny Dwika Leonanda, MT, IPM, ASEAN Eng
Uncontrolled Keywords: JMF, Mutu Beton, Pengujian, Kuat Tekan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Profesi Insinyur
Date Deposited: 04 Mar 2024 01:34
Last Modified: 04 Mar 2024 01:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464353

Actions (login required)

View Item View Item