Dinamika Kelompok Dan Partisipasi Petani Pada Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Di Kenagarian Cubadak Tengah, Kecamatan Dua Koto, Kabupaten Pasaman

Tri, Ramadani (2024) Dinamika Kelompok Dan Partisipasi Petani Pada Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Di Kenagarian Cubadak Tengah, Kecamatan Dua Koto, Kabupaten Pasaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK TRI.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (BAB I. Pendahuluan)
PENDAHULUAN TRI.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (BAB V. Kesimpulan dan Saran)
KESIMPULAN DAN SARAN TRI.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI UPLOAD TRII.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS TRI.pdf - Published Version

Download (165kB)

Abstract

KWT Karya Makmur merupakan salah satu kelompok yang melaksanakan program KRPL di Pasaman. Dalam pelaksanaan program tersebut terdapat beberapa persoalan yang terjadi dalam kelompok seperti kurangnya keterlibatan petani dalam tahap perencanaan dan kurang nya koordinasi antar anggota. Persoalan tersebut diduga berkaitan dengan dinamika kelompok dan partisipasi petani. Dinamika kelompok yang baik akan dapat meningkatkan partisipasi petani. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana tingkat dinamika kelompok dan partisipasi anggota di KWT Karya Makmur dan hubungan antara keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif dengan jumlah 45 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan skala likert dan rumus korelasi product moment untuk hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat dinamika kelompok dan partisipasi di KWT Karya Makmur berada pada kategori tinggi, dan terdapat hubungan yang signifikan di antara keduanya dengan tingkat hubungan cukup erat. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah dinamika yang tinggi disebabkan oleh adanya rasa saling membantu, menghargai serta kekompakan antar anggota sehingga hal tersebut dapat meningkatkan partisipasi dan kerjasama antar anggota kelompok. Saran dalam penelitian ini untuk kelompok tani agar senantiasa terus meningkatkan kedinamisannya dalam kelompok. Untuk penyuluh agar lebih memperhatikan lagi bagaimana tingkat dinamika dalam KWT Karya Makmur. Untuk dinas pangan agar memberikan motivasi kepada petani berupa reword agar petani lebih kompak dan untuk dinas pertanian agar dapat mengeluarkan SK untuk penyuluh untuk serius dalam menjalankan perannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:17
Last Modified: 29 Feb 2024 03:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464312

Actions (login required)

View Item View Item