PENGARUH PENGURANGAN INPUT PUPUK BUATAN PADA TANAMAN CAISIM (Brassica juncea L) YANG DIBERIKAN BIOSAKA SEBAGAI ELISITOR DI REGOSOL

Silvy, Haga Wendana (2024) PENGARUH PENGURANGAN INPUT PUPUK BUATAN PADA TANAMAN CAISIM (Brassica juncea L) YANG DIBERIKAN BIOSAKA SEBAGAI ELISITOR DI REGOSOL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover&abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I .pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL SILVY HAGA WENDANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan pupuk buatan terus menerus tanpa mengembalikan bahan organik ke dalam tanah mengakibatkan dampak negatif terhadap lingkungan, sehingga diperlukan alternatif salah satunya penggunaan Biosaka untuk mengurangi penggunaan pupuk buatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Biosaka terhadap pengurangan pupuk buatan pada tanaman Caisim (Brassica juncea L.). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 7 perlakuan dengan 3 kali ulangan. Perlakuan yang diuji merupakan pengurangan input pupuk buatan yang diiringi penyemprotan Biosaka yang sama pada setiap perlakuan. Parameter yang dianalisis yaitu parameter tanah berupa pH tanah, C-organik, N-total, P-tersedia, Rasio C/N, K-dd, Na-dd, Ca-dd, Mg-dd, KTK, dan parameter tanaman berupa berat basah, berat kering, serapan N, P, dan K. Hasil pertumbuhan tanaman tertinggi pada perlakuan E (50% pupuk buatan), yaitu pH 6,57; N-total 0,41%; C-organik 2,44%; C/N 5,95; P-tersedia 11,18 ppm; K-dd 0,90 cmol/kg; Ca-dd 2,17 cmol/kg; Mg-dd 1,51 cmol/kg; Na-dd 0,62 cmol/kg; KTK 17,41 cmol/kg; rata-rata tinggi tanaman Caisim tertinggi yaitu 30,90 cm; rata-rata berat basah dan berat kering tanaman Caisim yaitu 15,57 gram dan 5,49 gram; serapan N 14,43 mg/pot; serapan P 0,28 mg/pot; dan serapan K 0,021 mg/pot. Penyemprotan Biosaka dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman Caisim pada Regosol. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disarankan untuk pengaplikasian Biosaka sebanyak 1,5 ml yang dilarutkan dengan 750 ml air dengan input pupuk buatan sebanyak 50% dari rekomendasi pada tanaman Caisim di Regosol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Gusnidar, MP
Uncontrolled Keywords: Biosaka, Caisim, Pupuk Buatan, Regosol
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:41
Last Modified: 28 Feb 2024 09:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464255

Actions (login required)

View Item View Item