Pengaruh Intensitas Penyemprotan Biosaka Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rapa subsp. Chinensis) Pada Regosol

Syafira, Wahyunisya (2024) Pengaruh Intensitas Penyemprotan Biosaka Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rapa subsp. Chinensis) Pada Regosol. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (523kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (451kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Biosaka merupakan elisitor yang membantu memberikan molekul signal untuk memacu terbentuknya metabolit sekunder dalam kultur sel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penyemprotan Biosaka dari ekstrak tumbuhan yang paling efektif terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman pakcoy pada Regosol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 6 perlakuan dengan 3 kali ulangan. Perlakuan yang diuji merupakan intensitas penyemprotan Biosaka dengan interval waktu 5 hari sekali setelah tanam. Parameter yang dianalisis yaitu parameter tanah berupa pH tanah, C-organik, N-total, P-tersedia, Rasio C/N, K, Ca, Mg-dd, KTK, dan parameter tanaman berupa berat basah, berat kering, serapan N, P, dan K. Hasil terbaik ditunjukkan oleh intensitas penyemprotan biosaka sebanyak lima kali selama masa tanam pakcoy, yaitu pH 6,38; kadar C-organik 2,65%; kadar N-total 0,37%; kadar P-tersedia 16,13 ppm; rasio C/N 8,92; K-dd 0,87 cmol/kg; Ca-dd 2,62 cmol/kg; Na-dd 0,65 cmol/kg; Mg-dd 1,79 cmol/kg; nilai KTK 15,67 cmol/kg; rata-rata tinggi tanaman pakcoy tertinggi yaitu 26,87 cm; rata-rata berat basah dan berat kering tanaman pakcoy tertinggi yaitu 6,83 gram dan 3,63 gram; serapan N 90,00 mg/pot; serapan P 56,17 mg/pot; serapan K 0,021 mg/pot. Penyemprotan biosaka dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman pakcoy pada Regosol. Semakin tinggi intensitas penyemprotan Biosaka yang diberikan pada tanaman pakcoy, maka semakin bagus pertumbuhan dan perkembangannya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disarankan untuk melakukan penyemprotan Biosaka dengan intensitas penyemprotan Biosaka sebanyak lima kali selama masa tanam pakcoy, karena pada perlakuan ini sudah dapat memenuhi kebutuhan hara bagi tanaman pakcoy sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Gusnidar.,MP
Uncontrolled Keywords: Biosaka, Pakcoy, Regosol
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:42
Last Modified: 28 Feb 2024 09:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464253

Actions (login required)

View Item View Item