KELIMPAHAN KEPIK PENGHISAP BUAH (Helopeltis theivora L.) DAN TINGKAT SERANGANNYA PADA PERKEBUNAN KAKAO (Theobroma cacao L.) DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Ade, Rizki Bustiar (2024) KELIMPAHAN KEPIK PENGHISAP BUAH (Helopeltis theivora L.) DAN TINGKAT SERANGANNYA PADA PERKEBUNAN KAKAO (Theobroma cacao L.) DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilimiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kakao merupakan salah satu tanaman perkebunan yang berperan penting bagi perekonomian nasionalIndonesia. Kakao juga turut berperan dalam mendorong pengembangan wilayah, pengembangan agroindustri, dan sebagai penyedia lapangan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajaridan mengetahui kelimpahan populasi dan tingkat serangan hama kepik penghisap buah kakao (Helopeltis theivora L.) di Kabupaten Lima Puluh Kota. Metode penelitian yang digunakan yaitu purposive random sampling dan teknik yang digunakan ketika pengamatan yaitu chemical knockdown dan hand collection. Hasil penelitian diperoleh bahwa hama kepik penghisap buah kakao sebanyak 206 individu. Stadium kepik penghisap buah kakao yang banyak dikoleksi adalahnimfa kemudian imago dengan rata-rata yang didapatkan yaitu 0,05 - 0,35 individu/batang.Persentase buah terserang kepik penghisap buah di Nagari Piobang menjadi yang tertinggi dengan rata-rata 51,76%, dan yang terendah dengan rata-rata 35,89% yaitu pada Nagari Sungai Talang. Intensitas serangan kepik penghisap buah kakao di Nagari Piobang adalah yang tertinggi dengan rata-rata 41,13% dan yang terendah dengan rata-rata 31,88% yaitu pada Nagari Sungai Talang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir.Yaherwandi,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : dosis, insektisida, pengelolaan, waktu
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:42
Last Modified: 28 Feb 2024 09:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464252

Actions (login required)

View Item View Item