Pengaruh Kombinasi Dolomit dan Limbah Abu Terbang Batubara Terhadap Sifat Kimia Tanah Gambut dan Produksi Tanaman Bawang Merah (Allium ascolonicium L.)”

Hara I Noji, Reigi Putri (2024) Pengaruh Kombinasi Dolomit dan Limbah Abu Terbang Batubara Terhadap Sifat Kimia Tanah Gambut dan Produksi Tanaman Bawang Merah (Allium ascolonicium L.)”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abs.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Skripsi Full Hara)
Alhamdulillah, Skripsi Hara.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanah gambut dikenal sebagai tanah yang memiliki kesuburan rendah dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan budidaya tanaman pertanian, sehingga diperlukan amelioran untuk memperbaiki kesuburan tanahnya. Tujuan penelitian untuk menentukan kombinasi dolomit dan limbah abu batubara yang tepat terhadap sifat kimia tanah gambut serta produksi tanaman bawang merah. Penelitian dilaksanakan di Rumah Kaca Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Sampel tanah dianalisis di Laboraturium Kimia Tanah Departemen Ilmu tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas. Unit-unit percobaan dialokasikan berdasarkan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri 5 perlakuan (kontrol, 15 ton/ha dolomit, 10 ton/ha dolomit dan 5 ton/ha abu terbang batubara, 10 ton/ha abu terbang batubara dan 5 ton/ha dolomit, 15 ton/ha abu terbang batubara) dengan 3 ulangan. Parameter yang dianalisis yaitu pH tanah, P-tersedia, KTK, Ca-dd, Mg-dd, K-dd, Na-dd, serta pertumbuhan bawang merah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian 10 ton/ha abu terbang batubara dan 5 ton/ha dolomit merupakan perlakuan terbaik dalam peningkatan pH 1.74 unit, P-tersedia 1.47 ppm, KTK 4.30 me/100g, serta Ca-dd 0.11 me/100g, Mg-dd 0.16 me/100g, K-dd 0.12 me/100g, Na-dd 0.04 me/100g. Selanjutnya, perlakuan ini memberikan peningkatan bobot basah 3.0 g/polybag, berat kering 0.42 g/polybag dan berat kering tanaman di polibag 2.73 g/polybag yang setara dengan 8.23 ton/ha optimum dalam pertumbuhan dan perkembangan bawang merah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Teguh Budi Prasetyo, MS
Uncontrolled Keywords: Bawang merah, Dolomit, Limbah abu batubara, Tanah gambut.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:37
Last Modified: 28 Feb 2024 09:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464250

Actions (login required)

View Item View Item