PENGARUH BOBOT UMBI G1 TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) VARIETAS GRANOLA GENERASI DUA (G2)

Marshanda, Marshanda (2024) PENGARUH BOBOT UMBI G1 TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) VARIETAS GRANOLA GENERASI DUA (G2). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)

Abstract

Kentang (Solanum tuberosum L.) merupakan salah satu komoditas hortikultura yang menjadi bahan pangan alternatif sebagai sumber karbohidrat selain gandum, padi, dan jagung. Salah satu upaya peningkatan produksi kentang dapat dilakukan melalui pemilihan benih yang bermutu. Pemilihan benih kentang generasi G1 digunakan karena belum mengalami deteriorasi sehingga mutu dari benih tersebut masih terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bobot umbi G1 terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kentang (Solanum tuberosum L.) varietas Granola G2. Penelitian ini telah dilakukan di Green House Pusat Alih Teknologi dan Pengembangan Kawasan Pertanian (PATPKP) Universitas Andalas yang berlokasi di Jorong Galagah, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok pada bulan Agustus hingga November 2023. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri atas 4 taraf perlakuan yaitu bobot umbi G1 (5-15, 16-30, 31-45, dan 46-60) dan diulang sebanyak 3 kali, dimana terdapat 12 satuan percobaan. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf nyata 5% dan apabila berpengaruh nyata maka dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari bobot umbi G1 terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kentang varietas Granola G2. Bobot umbi G1 46-60 g memberikan hasil yang terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah tunas, diameter batang, dan bobot segar umbi per tanaman. Kata Kunci : Bobot, G1, G2, Granola, Kentang,

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 29 Feb 2024 02:01
Last Modified: 29 Feb 2024 02:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464243

Actions (login required)

View Item View Item