TINGKAT SERANGAN SIPUT HAMA (Gastropoda:Pulmonata) PADA TANAMAN KUBIS (Brassica oleracea L.) dan TANAMAN SAWI PUTIH (Brassica pekinensis L.) di NAGARI KAMPUNG DALAM, KECAMATAN DANAU KEMBAR, KABUPATEN SOLOK

ULFATUN, NI'MAH (2024) TINGKAT SERANGAN SIPUT HAMA (Gastropoda:Pulmonata) PADA TANAMAN KUBIS (Brassica oleracea L.) dan TANAMAN SAWI PUTIH (Brassica pekinensis L.) di NAGARI KAMPUNG DALAM, KECAMATAN DANAU KEMBAR, KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (320kB)

Abstract

Siput hama (Gastropoda: Pulmonata) merupakan hama yang menyerang tanaman sayuran terutama jenis tanaman kubis-kubisan, diantaranya kubis/kol dan sawi putih. Hama ini menyerang pada bagian daun tanaman yang mengakibatkan tanaman menjadi rusak dan berlubang. Tingkat serangan siput hama pada tanaman kubis dan tanaman sawi putih di Nagari Kampung Dalam Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok sudah dilakukan yang bertujuan untuk mengetahui persentase tanaman terserang, intensitas serangan, jenis siput dan populasi siput hama, penelitian dilaksanakan pada bulan September 2022 – Januari 2023. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode survei dan untuk penentuan lokasi penelitian dilakukan menggunakan Puposive sampling (pengambilan sampel secara terpilih) serta pengumpulan sampel menggunakan metode tangkap langsung (hand picking) sampel yang diambil sebanyak 50 tanaman, dalam 1 lahan terdiri dari 5 petakan, 1 petakan terdiri 10 tanaman yang disusun secara diagonal. Parameter yang diamati yaitu kondisi lahan pertanaman, persentase tanaman terserang, intensitas serangan dan populasi siput hama. Sampel diambil di Nagari Kampung Dalam Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok dan identifikasi dilakukan di Laboratorium Bioekologi Serangga Fakultas Pertanian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan 2 jenis spesies siput hama yaitu siput semak (Bradybaena similaris) dan siput telanjang (Deroceras laeve) dengan persentase tanaman terserang tanaman kubis dan tanaman sawi putih pada hari ke-59/ pengamatan ke-5 mencapai 100% dengan intensitas serangan yang disebabkan siput hama berkisaran 52% - 58% termasuk dalam kategori kerusakan berat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Yunisman, MP
Uncontrolled Keywords: Bradybaena similaris, Deroceras laeve, kubis, sawi putih
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 28 Feb 2024 08:55
Last Modified: 28 Feb 2024 08:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464220

Actions (login required)

View Item View Item