ANALISIS PENGARUH VARIASI DEBIT TERHADAP PENYISIHAN KEKERUHAN DAN BESI (FE) PADA PAKET INSTALASI PENGOLAHAN AIR (IPA) DENGAN UNIT SEDIMENTASI METODE CONTINOUS DISCHARGE FLOW (CDF)

Viorin, Fergessi (2024) ANALISIS PENGARUH VARIASI DEBIT TERHADAP PENYISIHAN KEKERUHAN DAN BESI (FE) PADA PAKET INSTALASI PENGOLAHAN AIR (IPA) DENGAN UNIT SEDIMENTASI METODE CONTINOUS DISCHARGE FLOW (CDF). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover Abstrak)
Cover-Abstrak.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (Bab I)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (Bab Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (29kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Viorin Fergessi_TA Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja paket IPA (instalasi pengolahan air) menggunakan unit sedimentasi Metode Continous Discharge Flow (CDF)dalam penyisihan kekeruhan dan besi pada air sungai di wilayah pertambangan. Reaktor pengujian terdiri dari unit koagulasi hidrolis berupa terjunan, flokulasi hidrolis baffle channels, unit sedimentasi Metode CDF, dan unit filtrasi double media menggunakan arang aktif dan pasir kuarsa. Penelitian dilakukan dalam skala laboratorium menggunakan air baku artifisial dengan kekeruhan 124,00 NTU diukur dengan metode nefelometri dan logam besi 4,89 mg/L diukur dengan metode fenantrolin. Unit sedimentasi Metode CDF diatur dengan nilai CDF 10%, resirkulasi 100%, luas cone 13%, ketinggian cone 66%, dan variasi debit 240 L/jam, 360 L/jam , dan 480 L/jam yang dilakukan secara duplo. Hasil penelitian menunjukkan paket IPA pada unit sedimentasi mampu mencapai efisiensi penyisihan kekeruhan 91,54%, 89,82%, dan 86,31% dan pada penyisihan besi mencapai 76,22%, 53,52%, dan 41,84% serta efisiensi penyisihan kekeruhan pada unit filtrasi mencapai 80,43%, 67,34%, dan 58,25% dan penyisihan parameter besi mencapai 93,75%, 25,84%, dan 19,04%. Analisis korelasi Rank Spearman menunjukkan hubungan yang signifikan pada efisiensi penyisihan kekeruhan dan besi pada unit sedimentasi dan unit filtrasi terhadap variasi debit aliran reaktor IPA (p-value<0,01). Hubungan yang signifikan juga ditunjukkan pada perubahan nilai pH akhir terhadap variasi debit aliran pada unit sedimentasi (p-value<0,05) dan pH akhir pada unit filtrasi (p-value<0,01). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa semakin meningkat debit aliran, maka efisiensi penyisihan kekeruhan dan besi akan semakin berkurang dan nilai pH akan meningkat. Kata Kunci: Besi, Continous Discharge Flow (CDF), Kekeruhan, Paket Instalasi Pengolahan Air (IPA), Variasi Debit Aliran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: RIDWAN, M.T
Uncontrolled Keywords: Besi, Continous Discharge Flow (CDF), Kekeruhan, Paket Instalasi Pengolahan Air (IPA), Variasi Debit Aliran.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 28 Feb 2024 08:23
Last Modified: 05 Mar 2024 03:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464191

Actions (login required)

View Item View Item