KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI BURUH PT. INDAH KIAT PULP AND PAPER KELURAHAN PERAWANG, KECAMATAN TUALANG, KABUPATEN SIAK, PROVINSI RIAU TAHUN 1976-2020

Latifah, Rahimah (2023) KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI BURUH PT. INDAH KIAT PULP AND PAPER KELURAHAN PERAWANG, KECAMATAN TUALANG, KABUPATEN SIAK, PROVINSI RIAU TAHUN 1976-2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
Cover & absrak.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (588kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text
SKRIPSI_Latifah full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini diberi judul yaitu “Kehidupan Sosial Ekonomi Buruh PT. Indah Kiat Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Provinsi Riau Tahun 1984-2020 pulp and paper”. Skripsi ini ditulis bertujuan untuk mengulas strategi bertahan hidup di kalangan buruh PT. Indah Kiat pulp dan paper pada tahun 1976-2020 di daerah Perawang. Penulisan ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristik (pengumpulan sumber), kritik, interpretasi (penafsiran), dan historiografi (penulisan sejarah). Pada tahap pengumpulan sumber dilakukan dengan tiga cara yaitu sumber kepustakaan, kearsipan dan sumber lisan yang dilakukan untuk melengkapi keterbatasan sumber penulis. PT. Indah Kiat merupakan salah satu daerah penghasil kertas dan tercanggih di Asia Tenggara. PT. Indah Kiat di dirikan di Kecamatan Tualang sejak tahun 1984. Buruh PT Indah Kiat dibagi menjadi 2 yairu buruh tetap dan buruh harian lepas. PT Indah Kiat memberi upah kepada buruh setiap bulannya. Upah yang didapatkan buruh PT. Indah Kiat tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga setiap bulannya. Sehingga sebagian buruh PT. Indah Kiat untuk menambah penghasilan keluarga setiap bulannya, mereka harus bekerja di luar PT. Indah Kiat. Pada tahun 2017 sampai 2018 terjadinya demonstrasi di depan gerbang pintu masuk PT. Indah Kiat disebabkan karena perusahaan membuang limbah ke sungai Siak, terjadinya PHK semena-mena, dan tidak memperoritaskan penduduk lokal untuk bekerja di PT. Indah Kiat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah buruh PT. Indah Kiat memiliki kehidupan yang sederhana, dengan upah yang didapatkan buruh PT. Indah Kiat dan penghasilan tambahan. Mereka bisa menyekolahkan anak-anaknya hingga ke jenjang pendidikan perguruan tinggi dan kebutuhan hidup mereka dapat terpenuhi dengan baik. Perusahaan juga telah memberi peluang kerja bagi penduduk lokal yang mendaftar ke PT. Indah Kiat. Hal inilah yang kemudian membawa perubahan pada kehidupan sosial-ekonomi buruh PT. Indah Kiat, Kecamatan Tualang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Midawati, M. Hum
Uncontrolled Keywords: PT. Indah Kiat, buruh, upah, demonstrasi.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:21
Last Modified: 28 Feb 2024 09:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464169

Actions (login required)

View Item View Item