PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN PERGURUAN ISLAM DAARUL MUWAHHIDIIN KOTO TUO NAGARI PANYALAIAN KECAMATAN SEPULUH KOTO KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 2014 - 2022

Fathoni, Abdillah Arif (2024) PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN PERGURUAN ISLAM DAARUL MUWAHHIDIIN KOTO TUO NAGARI PANYALAIAN KECAMATAN SEPULUH KOTO KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 2014 - 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perkembangan Pondok Pesantren Perguruan Islam Daarul Muwahhidiin Koto Tuo Nagari Panyalaian Kecamatan Sepuluh Koto Kabupaten Tanah Datar Tahun 2014-2022”. Penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk mengulas perkembangan pondok pesantren yang bernama Perguruan Islam Daarul Muwahhidiin pada tahun 2014-2022 dan dampak keberadaannya bagi lingkungan di Nagari Panyalaian. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan, yaitu heuristik (pengumpulan sumber), kritik sumber (verifikasi), interpretasi (penafsiran), dan historiografi (penulisan sejarah). Sumber primer yang digunakan adalah sumber arsip, selain itu dilakukan wawancara dengan mantan pemimpin, pemimpin, dan guru-guru di Perguruan Islam Daarul Muwahhidiin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perguruan Islam Daarul Muwahhidiin (PIDM) yang didirikan pada tahun 2011 di Sungayang, Batusangkar oleh Kamrianto dan Jelita Donal yang memiliki visi dan misi dakwah yang sebelumnya merupakan cita-cita dan keinginan keduanya untuk mendirikan lembaga pendidikan mereka sendiri. Pada tahun 2014 Perguruan Islam Daarul Muwahhidiin berpindah lokasi ke Nagari Panyalaian. Ada 4 alasan pindahnya PIDM, yang pertama adalah karena perkembangan jumlah murid perguruan yang semakin banyak bersekolah di PIDM sehingga lokasi yang ada tidak lagi memadai. Alasan kedua adalah karena adanya niat dari pengurus Yayasan Syekh M. Thaib Umar untuk mengelola sendiri kegiatan mereka di lokasi tersebut. Alasan ketiga, karena pengurus PIDM mendapatkan tanah wakaf dari salah seorang warga Panyalaian yaitu Yarman Datuak Labiah yang lokasi tanah tersebut berada di Bancah Dianai Jorong Koto Tuo Nagari Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar. Alasan keempat, karena lokasi pemindahan PIDM ke Panyalaian tersebut dekat dengan Kota Padangpanjang yang dikenal sebagai Kota Serambi Mekkah dan pusat lembaga pendidikan Islam berada Diniyyah Putri Padangpanjang dan Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Boarding School. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendirian Perguruan Islam Daarul Muwahhidiin di Nagari Panyalaian memiliki dampak di bidang pendidikan dan ekonomi. adapun dampaknya hanya ada sebagian kecil dari warga Nagari Panyalaian yang merasakan dampak, seperti tukang masak, tukang bersih, penjaga keamanan, warung sekitaran PIDM, dan penjual makanan ke PIDM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Witrianto, S.S., M.Hum., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pesantren, Perguruan, Santri.
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D204 Modern History
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 28 Feb 2024 08:42
Last Modified: 28 Feb 2024 08:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464131

Actions (login required)

View Item View Item