PREFERENSI DAN BIOLOGI Spodoptera litura Fabricius. PADA TANAMAN BAWANG MERAH YANG DIAPLIKASIKAN BEBERAPA ISOLAT CENDAWAN ENTOMOPATOGEN Beauveria bassiana (Balsalamo.)Vuillemin.

Sinta, Wulandari (2024) PREFERENSI DAN BIOLOGI Spodoptera litura Fabricius. PADA TANAMAN BAWANG MERAH YANG DIAPLIKASIKAN BEBERAPA ISOLAT CENDAWAN ENTOMOPATOGEN Beauveria bassiana (Balsalamo.)Vuillemin. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak-compressed.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1-compressed-compressed.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Bab V)
BAB 5-compressed.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ulat grayak (Spodoptera litura F.) merupakan salah satu hama penting pada tanaman bawang merah. Kehilangan hasil akibat serangan hama ini mencapai 80% bahkan dapat menyebabkan gagal panen jika tidak dilakukan pengendalian. Salah satu alternatif pengendalian S. litura yang bisa dilakukan yaitu dengan cendawan Beauveria bassiana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari beberapa isolat cendawan B. bassiana yang diaplikasikan melalui perendaman umbi pada tanaman bawang merah terhadap preferensi dan biologi S. litura. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium. Rancangan penelitian yang digunakan adalah RAL (Rancangan Acak Lengkap) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari empat isolat B. bassiana yaitu WS, TD312, PB211, JG dan kontrol. Kerapatan konidia cendawan yang digunakan 108 konidia/ml. B. bassiana diaplikasikan melalui perendaman umbi bawang merah selama 15 menit. Data dianalisis dengan sidik ragam dan uji lanjut LSD pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi cendawan B. bassiana melalui perendaman umbi bawang merah tidak mempengaruhi preferensi imago betina S. litura dalam meletakan telur. Empat isolat cendawan B. bassiana yang diuji memiliki kemampuan yang sama terhadap mortalitas larva S. litura yang berkisar antara 20 - 48%. Aplikasi cendawan B. bassiana juga memperpanjang lama stadia larva yaitu pada isolat BbWs dengan lama stadia 27,2 hari sedangkan pada kontrol 21,6 hari. Empat isolat yang diuji mampu memperpendek lama hidup imago sekitar 7 hari dibandingkan dengan kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Trizelia, Msi
Uncontrolled Keywords: Induksi ketahanan, Preferensi, ulat grayak
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 28 Feb 2024 05:23
Last Modified: 28 Feb 2024 05:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464070

Actions (login required)

View Item View Item