Perencanaan Teknis dan Manajemen Persampahan Kota Payakumbuh

Daffa, Naufal Rizal (2024) Perencanaan Teknis dan Manajemen Persampahan Kota Payakumbuh. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (BAB 11 Penutup)
BAB 11 Penutup.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Data Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh tahun 2022 menunjukkan pengurangan sampah baru mencapai 7,06% dan penanganan sampah 83,60%. Data ini belum memenuhi target kebijakan dan strategi daerah (jakstrada) untuk pengurangan sebesar 26%. Untuk mencapai target daerah dan nasional disusun Perencanaan Teknis dan Manajemen Persampahan (PTMP) dalam periode desain tahun 2024-2033. PTMP meliputi perancangan sistem pengelolaan sampah dari aspek teknis operasional dan non teknis, rencana tindak lanjut serta perhitungan anggaran biaya untuk jangka pendek. Rancangan sistem pengelolaan sampah untuk aspek teknis operasional meliputi peningkatan pengelolaan sampah menjadi skala kawasan dan skala kota serta peningkatan tingkat pelayanan mencapai 100% yang terdiri dari pengurangan sampah 36,55% dan penanganan sampah 63,45%. Pengurangan sampah dilakukan dengan konsep Reduce, Reuse dan Recycle (3R) di tempat pengolahan sampah. Penanganan sampah meliputi: pemilahan dan pewadahan sampah menjadi lima jenis (sampah mudah terurai, sampah daur ulang, sampah guna ulang, sampah B3 dan sampah residu), pengumpulan sampah menggunakan pola individual tidak langsung, komunal langsung dan individual langsung untuk jalan protokol, pengolahan sampah dengan pengomposan dan daur ulang yang dilakukan di TPS 3R, bank sampah, rumah kompos, maggot dan TPST, pengangkutan sampah menerapkan sistem HCS dan SCS dengan alat angkut armroll truck dan dump truck, pemrosesan akhir sampah dilakukan pada TPA Regional Payakumbuh yang berlokasi di Kelurahan Padang Karambia dengan metode controlled landfill. Rancangan sistem pengelolaan sampah untuk aspek non teknis meliputi penambahan peraturan tentang limbah medis dan kerjasama dengan pihak swasta, peningkatan kualitas SDM di bidang persampahan dan pengintegrasian pengelolaan sektor informal dengan sektor formal, peningkatan pendanaan untuk persampahan dan peningkatan tarif retribusi sampah, serta peningkatan peran serta masyarakat melalui sosialisasi dan pendampingan. Rencana tindak lanjut untuk jangka pendek meliputi pengadaan 35 unit kontainer, 55 unit becak motor, 6 unit armroll truck dan 1 unit dump truck, penjadwalan pengumpulan dan pengangkutan sampah berdasarkan jenisnya, optimasi unit pengolahan eksisting, pembangunan 29 unit bank sampah, pembangunan 1 unit TPST, 1 unit TPS3R, dan 3 unit rumah kompos yang dilengkapi dengan peralatan pengolahan. Rencana anggaran biaya untuk jangka pendek ini sebesar Rp 115.873.649.284.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Yenni Ruslinda, M.T
Uncontrolled Keywords: Kota Payakumbuh, pengurangan sampah, penanganan sampah, Perencanaan Teknis dan Manajemen Persampahan (PTMP), Rancangan Sistem
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:59
Last Modified: 28 Feb 2024 03:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464065

Actions (login required)

View Item View Item