Aplikasi Kolom Tunggal dengan Kombinasi Media Pasir dan Serbuk Tongkol Jagung untuk Penyisihan Minyak dan Lemak dari Air Limbah Laundry

Fatih, Mubarak Simbolon (2024) Aplikasi Kolom Tunggal dengan Kombinasi Media Pasir dan Serbuk Tongkol Jagung untuk Penyisihan Minyak dan Lemak dari Air Limbah Laundry. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover-Abstrak.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
2. Bab I.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
3. Bab V.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (TA Full Text)
5. Fatih Mubarak Simbolon_1910942030.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji aplikasi kolom tunggal dengan kombinasi media filter berupa media pasir dan serbuk tongkol jagung untuk menyisihkan minyak dan lemak dari air limbah laundry. Percobaan dilakukan dengan menggunakan aliran downflow selama 48 jam dengan variasi debit influen 9,6 L/jam dan 14,4 L/jam serta variasi kolom yang terdiri dari kolom dengan kondisi media terpisah, media tercampur, dan kolom kontrol berisi serbuk tongkol jagung saja dan pasir saja. Diameter serbuk tongkol jagung yang digunakan, yaitu berukuran 0,43–0,71 mm dan pasir berukuran 0,45–0,55 mm. Pengambilan sampel dilakukan 6 kali dalam 48 jam dan konsentrasi minyak dan lemak dianalisis dengan metode gravimetri. Efisiensi penyisihan minyak dan lemak yang tertinggi dihasilkan pada variasi debit influen 9,6 L/jam menggunakan kolom dengan kondisi media terpisah dengan nilai rata-rata efisiensi penyisihan sebesar 79,88%. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa variasi debit influen dan kondisi media dalam kolom menghasilkan perbedaan yang signifikan terhadap efisiensi penyisihan minyak dan lemak dari air limbah laundry. Hasil penelitian secara keseluruhan membuktikan bahwa aplikasi kolom dengan kombinasi media pasir dan serbuk tongkol jagung berpotensi untuk menyisihkan minyak dan lemak dari air limbah laundry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Denny Helard Prof. Shinta Indah, Ph.D
Uncontrolled Keywords: air limbah laundry, filtrasi, minyak dan lemak, serbuk tongkol jagung
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 Pemasaran
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:57
Last Modified: 28 Feb 2024 02:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464061

Actions (login required)

View Item View Item