Sediaan Dan Kinerja Bakteri Anammox Dan Ammonia-Oxidizing Bacteria (AOB) Pada Dua Reaktor Up-Flow Biofilter Menggunakan Media Lekat Plastik Sarang Tawon

Viska, Clariza Bernida (2024) Sediaan Dan Kinerja Bakteri Anammox Dan Ammonia-Oxidizing Bacteria (AOB) Pada Dua Reaktor Up-Flow Biofilter Menggunakan Media Lekat Plastik Sarang Tawon. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak..pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat sediaan bakteri anammox dan Ammonia-Oxidizing Bacteria (AOB) dan menganalisis kinerja penyisihan nitrogen menggunakan media lekat plastik sarang tawon pada dua reaktor reaktor up-flow biofilter (UBFt) terpisah yang akan digunakan pada reaktor tunggal parsial nitritari-anammox. Penelitian ini menggunakan air limbah artifisial yang dialirkan secara kontinu dengan konsentrasi influen amonium dan nitrit masing-masing 180 mg-N/L untuk anammox yang mengacu pada efluen dari unit pengolah anaerobik digester yang didirikan oleh BRIN dan 500 mg-N/L amonium untuk reaktor AOB. Analisis kinerja penyisihan nitrogen pada reaktor UBFt anammox dilakukan dua kali seminggu secara kontinu selama 64 hari sedangkan reaktor UBFt AOB dilakukan dua kali seminggu secara kontinu selama 37 hari pada HRT 12 jam. Analisis konsentrasi amonium, nitrat dan nitrit menggunakan spektrofotometer. Jenis media biofilter yang digunakan adalah media dari bahan plastik tipe sarang tawon. Kinerja penyisihan nitrogen reaktor anammox berdasarkan ammonium conversion efficiency (ACE), dan nitrogen removal efficiency (NRE), nitrogen removal rate (NRR) dan nitrogen loading rate (NLR), adalah 65,24%, 51,69%, 0,10 kg-N/m3.h dan 0,20 kg-N/m3.h. Sedangkan ACE, NLR dan rasio ΔNO2--N/ΔNH4+-N maksimum pada reaktor AOB berturut-turut adalah 51,14%, 0,25 kg-N/m3.h dan 0,6 yang menunjukkan berlangsungnya proses anammox dan parsial nitritasi serta berhasilnya pembuatan sediaan bakteri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Zulkarnaini
Uncontrolled Keywords: Anammox, Ammonium Oxidizing Bacteria, Parsial Nitritasi, Sarang Tawon Plastik, Up-flow Biofilter
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:57
Last Modified: 28 Feb 2024 03:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464044

Actions (login required)

View Item View Item