Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pinjaman Dana Bergulir Pada UPTD Fasilitasi Pembiayaan Kota Payakumbuh Menggunakan Metode Fuzzy TOPSIS

Petriza, M. Hadef (2024) Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pinjaman Dana Bergulir Pada UPTD Fasilitasi Pembiayaan Kota Payakumbuh Menggunakan Metode Fuzzy TOPSIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (277kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (Laporan Tugas Akhir Fulltext)
LAPORAN TUGAS AKHIR - M. HADEF PETRIZA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Fasilitasi Pembiayaan Kota Payakumbuh memberikan sebuah layanan berupa penyaluran Dana Bergulir untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan harapan mendukung pengembangan UMKM dan memperkuat permodalan usaha serta peran UMKM. Dalam menentukan kelayakan pinjaman dana bergulir, kendala yang dialami oleh UPTD Fasilitasi Pembiayaan adalah kurangnya efektivitas dan efisiensi dalam penentuan kelayakan pinjaman dana. Permasalahan ini muncul karena kurangnya informasi seperti permohonan yang diajukan oleh calon mitra pemanfaat tidak dilengkapi dengan informasi yang cukup. Selain itu, pengelolaan data yang masih dilakukan dengan kertas dan menggunakan Microsoft Excel. UPTD Fasilitasi Pembiyaan Kota Payakumbuh membutuhkan sistem pendukung keputusan menggunakan metode fuzzy TOPSIS yang merupakan menggabungkan metode TOPSIS dan logika fuzzy. TOPSIS menangani masalah multi kriteria dan multi objektif, sementara logika fuzzy menangani ketidakpastian dalam penilaian bobot kriteria. Metode fuzzy TOPSIS dapat menjadi solusi untuk sistem pendukung keputusan di UPTD Fasilitasi Pembiayaan Kota Payakumbuh dalam menentukan kelayakan pinjaman dana bergulir pada UPTD Fasilitasi Pembiayaan Kota Payakumbuh. Penelitian ini dapat mempermudah UPTD Fasilitasi Pembiayaan Kota Payakumbuh dalam pengambilan keputusan penentuan kelayakan pinjaman dana bergulir untuk calon mitra pemanfaat agar tepat sasaran dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fajril Akbar, M.Sc. and Afriyanti Dwi Kartika, M.T.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 28 Feb 2024 04:29
Last Modified: 28 Feb 2024 04:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463913

Actions (login required)

View Item View Item