Perbandingan Metode TOPSIS dan Weighted Product Untuk Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Institusi sebagai Mitra Kerja (Studi Kasus : JM Laundry Kota Payakumbuh)

Riandini, Shinta (2024) Perbandingan Metode TOPSIS dan Weighted Product Untuk Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Institusi sebagai Mitra Kerja (Studi Kasus : JM Laundry Kota Payakumbuh). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (Laporan Akhir Full Text)
LAPORAN TUGAS AKHIR_SHINTA RIANDINI_FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Jaso Mandeh (JM) Laundry merupakan usaha yang bergerak dibidang pelayanan jasa pencucian pakaian, sepatu, tas hingga karpet yang saat ini dalam tahap pengembangan besar-besaran dengan membuka beberapa cabang yang berdampak pada peningkatan pemesanan jasa laundry. Peningkatan ini berhubungan dengan kerja sama dengan beberapa mitra kerja sebagai pelanggan tetap yang memanfaatkan layanan dari JM Laundry dalam jumlah yang besar. Untuk memilih mitra kerja, biasanya pihak JM Laundry masih melakukan proses pemilihan mitra kerja tanpa menggunakan patokan tertentu dan masih bersifat subjektif sehingga kurang efektif dan efisien ditengah banyaknya calon mitra kerja dan dihubungkan dengan kapasitas laundry saat ini. Oleh karena itu, penentuan prioritas mitra kerja laundry sangat diperlukan untuk membantu pemilik laundry dalam mengambil keputusan yang tepat dan lebih terukur dalam menentukan mitra kerja untuk kedepannya dengan Sistem Penunjang Keputusan (SPK). Dalam pemilihan mitra kerja terdapat 4 kriteria penilaian yang ditetapkan, yaitu frekuensi datang ke laundry, jarak dengan outlet, jenis kemitraan, dan kuantitas pakaian. Pada kasus ini dilakukan perbandingan antara metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dan Weighted Product (WP) yang nantinya metode terbaiklah yang digunakan untuk membangun Sistem Pendukung Keputusan ini yaitu menggunakan metode TOPSIS. Hasil dari penelitian ini berbentuk sebuah aplikasi web sistem pendukung keputusan yang dapat menampilkan hasil perankingan calon mitra kerja yang berpotensi untuk JM Laundry Payakumbuh. Pengujian aplikasi dilakukan dengan black-box testing. Hasil fungsional sistem sesuai dengan fungsional yang dirancang. Aplikasi SPK ini dapat memberikan kemudahan kepada pengambil keputusan dalam melakukan penentuan prioritas mitra kerja yang akan dipilih sebagai calon mitra kerja dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fajril Akbar, M.Sc. and Rahmatika Pratama Santi, M.T.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 28 Feb 2024 04:27
Last Modified: 28 Feb 2024 04:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463912

Actions (login required)

View Item View Item