UPAYA PENEGAKAN HUKUM DALAM RANGKA PENANGGULANGAN PEREDARAN BARANG-BARANG PASAR GELAP (BLACK MARKET) OLEH POLRESTA PEKANBARU

Satria, Pramudya (2024) UPAYA PENEGAKAN HUKUM DALAM RANGKA PENANGGULANGAN PEREDARAN BARANG-BARANG PASAR GELAP (BLACK MARKET) OLEH POLRESTA PEKANBARU. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penegakan hukum merupakan proses dilakukannya upaya tegaknya atau berfungsinya norma-norma hukum secara nyata sebagai pedoman pelaku dalam lalu lintas atau hubungan-hubungan hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Tujuan dari adanya penegakan hukum adalah untuk menindaki tiap pelanggaran dan kejahatan yang terjadi di masyarakat sesuai dengan aturan yang berlaku. Penegakan hukum dilakukan oleh aparat penegak hukum, salah satunya adalah Kepolisian Resor Kota Pekanbaru yang berfungsi sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu pemenuhan kebutuhan primer, sekunder dan tersier masyarakat adalah melalui proses transaksi jual beli, namun dalam pelaksanaannya masyarakat lebih mengutamakan membeli atau menjual suatu barang yang mereka inginkan tanpa memperhatikan keabsahan dan legalisasi dari barang tersebut. Barang-barang yang masuk dan beredar di masyarakat tanpa dilengkapi dengan dokumen validasi serta diragukan keabsahannya merupakan barang-barang yang berasal dari pasar gelap (Black Market) yang dapat menimbulkan kerugian bagi masyarakat dan negara. Kepolisian Resor Kota Pekanbaru sebagai aparat penegak hukum melakukan beberapa tindakan dalam memberantas keberadaan dan peredaran barang-barang pasar gelap (Black Market). Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah yang dibahas adalah: 1. Bagaimana Upaya Penegakan Hukum oleh Kepolisian Resor Kota Pekanbaru untuk Mengatasi Peredaran Barang-Barang Pasar Gelap (Black Market) dan 2. Apa Kendala serta Solusi dalam Penegakan Hukum oleh Kepolisian Resor Kota Pekanbaru untuk Mengatasi Keberadaan Pasar Gelap (Black Market). Penelitian ini menggunakan metode empiris dengan tujuan untuk mengkaji dan menganalisis tata cara bekerjanya hukum pada kehidupan masyarakat dan penelitian ini bersifat deskriptif yaitu menggambarkan pelaksanaannya didasarkan atas data primer serta sekunder yang diperoleh melalui penelitian lapangan dan kepustakaan. Hasil penelitian menjelaskan serangkaian tindakan dan upaya yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Kota Pekanbaru untuk mengatasi keberadaan serta peredaran pasar gelap (Black Market). Namum dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala serta hambatan yang menyebabkan peradaran barang-barang pasar gelap (Black Market) masih tetap terjadi sehingga perlu adanya solusi atau peningkatan upaya dalam menindaki peredaran barang-barang tersebut. Kata Kunci: Penegakan Hukum, Kepolisian, Pasar Gelap (Black Market)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 28 Feb 2024 04:15
Last Modified: 28 Feb 2024 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463904

Actions (login required)

View Item View Item