Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Pengontrolan Faktor Lingkungan dan Air Minum pada Kandang Puyuh Berbasis Internet of Things

Yusuf, Rahmat (2024) Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Pengontrolan Faktor Lingkungan dan Air Minum pada Kandang Puyuh Berbasis Internet of Things. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak TA Yusuf Rahmat (1710953009).pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I TA Yusuf Rahmat (1710953009).pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V TA Yusuf Rahmat (1710953009).pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA Yusuf Rahmat (1710953009).pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Buku TA Yusuf Rahmat (1710953009).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam usaha ternak puyuh mandiri umumnya peternak melakukan seluruh pekerjaan ternak puyuh secara sendirian, baik dalam penjualan produksi, mengemas hasil ternak, dan termasuk dalam hal manajemen kandang. Hal ini akan sangat melelahkan jika dilakukan sendirian, dan hal ini sering kali menyebabkan pengelolaan manajemen kandang menjadi menurun. Manajemen kandang merupakan hal yang sangat penting dalam peternakan puyuh karena manajemen kandang yang baik akan menghasilkan produktivitas puyuh yang baik. Manajemen kandang umumnya meliputi faktor lingkungan pada kandang, yaitu suhu dan kelembapan, pembersihan kotoran, pencahayaan, dan penyediaan air minum kandang secara ad-libitum. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, dapat diterapkan inovasi yang diharapkan dapat memudahkan peternak puyuh mandiri dalam memanajemen kandang puyuh. Pada kasus ini penulis membuat rancang bangun sistem monitoring yang meliputi seluruh faktor lingkungan kandang dan pengontrolan sebagian faktor lingkungan tersebut dengan berbasis internet of things sehingga pemantauan bisa dilakukan melalui smartphone. Rancangan ini dibuat dengan mikrokontroller ESP32 sebagai otak atau pengendali alat, relay sebagai saklar otomatis yang menghidupmatikan pengontrolan kondisi kandang, sensor DHT22 sebagai pemantau suhu dan kelembapan, sensor MQ-135 sebagai pemantau gas ammonia, sensor LDR sebagai pemantau intensitas cahaya, sensor waterlevel sebagai pemantau ketersediaan air minum. Untuk mendapatkan hasil pengukuran yang sesuai dengan standar pengukuran di masing-masing faktor lingkungan, dilakukan konversi nilai pada sensor MQ-135 dan LDR agar hasil didapat dalam ppm dan lux, sedangkan DHT22 tidak dilakukan konversi karena sudah memiliki library di arduino IDE, lalu Waterlevel tidak dilakukan konversi karena hanya mengukur nilai sepanjang jalur sensor tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Monitoring, suhu, kelembaban, waterlevel, LDR, MQ-135, Blynk
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:57
Last Modified: 28 Feb 2024 07:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/463886

Actions (login required)

View Item View Item